6.5 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

Rumah Kreatif Seni Budaya Diharapkan Bisa Majukan Pariwisata Danau Toba

Toba, MISTAR.ID
Pemerintah Kabupaten Toba berharap keberadaan rumah-rumah kreatif maupun komunitas yang bergerak di bidang kreatifitas seni budaya, bisa memajukan pariwisata Danau Toba.

Hal itu disampaikan Bupati Kabupaten Toba Poltak Sitorus didampingi Wabup Tonny M.Simanjuntak saat menerima kunjungan audensi pengurus komunitas pelestari budaya Batak, Rumah Kreatif Paduan Nauli Toba yang berada di Desa Sionggang Utara Kecamatan Lumbanjulu Kabupaten Toba, di ruang kerja Bupati Toba, Selasa (26/10/21).

Menurut Poltak Sitorus, “Rumah Kreatif Paduan Suara Nauli Toba” sudah menunjukkan kreatifitasnya yang sangat positif di bidang seni budaya, ditambah produk bingkai dan foto yang memiliki nilai ciri khas Batak. Oleh karenanya sangat perlu didorong dan didukung,

Baca juga:Juara Satu FLS2N Tingkat Provinsi, SMKN Seni dan Budaya Pematang Raya Duta Sumut ke Tingkat Nasional

“Akan kita lihat, hal-hal apa yang diperlukan oleh Rumah Kreatif Paduan Nauli Toba, sebab selain kreatifitas di bidang seni budaya, di sana juga ada aneka kerajinan tangan dan souvenir serta makanan ringan yang dapat disajikan menjadi oleh-oleh bagi wisatawan,”ujar Bupati Toba Poltak Sitorus yang menggaungkan visi dan misi Toba yang unggul dan bersinar.

Pemkab Toba akan mendukungnya melalui pelatihan-pelatihan yang akan kita prioritaskan dibidang seni budaya dan ekonomi sebagai upaya pemulihan ekonomi ditengah pandemi yang masih berlangsung, tandas Poltak Sitorus.

Komunitas Rumah Kreatif Paduan Nauli Toba, adalah sebagai salah satu komunitas pelestari budaya Batak seperti Tortor Batak, musik tradisional, Gorga, Tonun Ulos, makanan ringan khas Batak serta kreatifitas lainnya.

Ketua Rumah Kreatif Paduan Nauli Toba, Olo Sirait, didampingi Sabar Juvenry Manurung selaku bendahara komunitas, menyampaikan rasa terimakasih atas sambutan Bupati dan Wabup Toba, yang mendukung kegiatan positif Rumah Kreatif Paduan Nauli Toba.

Baca juga: Pemko Siantar Diminta Dukung Kreasi Seniman dan Budayawan

“Iya, sambutan beliau sangat baik dan terbuka. Kami semakin terdorong untuk melakukan inovasi dan revitalisasi, yang tetap fokus pada kegiatan. Rumah Kreatif Paduan Nauli Toba ini lebih mengutamakan kreatifitas dan inovasi dengan mengolah tradisi melalui eksplorasi dan transformasi, pelatihan, serta pembinaan secara terus menerus untuk mendukung destinasi pariwisata Danau Toba,” sebut Olo Sirait.

Usai audensi, mewakili seluruh anggota Rumah Kreatif Paduan Nauli Toba, Olo Sirait memberikan secara simbolis hasil karya berupa bingkai dan foto dengan corak gorga Batak dan produk kreatif lainnya yaitu makanan ringan ketawa rasa andaliman kepada Bupati dan Wakil Bupati Toba.(james/hm06)

Related Articles

Latest Articles