5.8 C
New York
Tuesday, March 5, 2024

PTPN2 Gulirkan Rp3,5 Miliar Dana Pembinaan UMKM

Deli Serdang, MISTAR.ID
PT Perkebunan Nusantara 2 (PTPN 2) setiap tahun menyalurkan bantuan penguatan modal kerja dan usaha sebesar Rp3 Milyar sampai Rp3,5 Milyar kepada UMKM. Hal tersebut sebagai kewajiban perusahaan BUMN untuk berperan mendorong tumbuh dan berkembangnya kelompok-kelompok usaha masyarakat, berbasis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Saat ini ada puluhan unit UMKM yang sudah menjadi mitra binaan PTPN 2.

“Tidak hanya memberikan dukungan dana, kita juga membantu mereka dalam bentuk pelatihan-pelatihan dan pameran untuk membuka pasar yang lebih luas bagi produk-produk yang dihasilkan,” jelas Direktur PTPN 2, Irwan Perangin-Angin saat menjadi pembicara di depan peserta Pelatihan Pendampingan UMKM yang dilaksanakan GP Ansor Sumatera Utara, di Taman Pramuka Deli Serdang di Lubuk Pakam, Kamis (28/10/21).

Baca juga:Dukung UMKM, Pemerintah Berikan Insentif Pajak

Menurut Irwan Perangin-angin, selama ini dana bergulir PTPN 2 sebagian besar diserap kelompok masyarakat peternak di sekitar kebun PTPN 2, yang memang memiliki prospek cukup baik untuk berkembang, di samping kelompok UMKM yang bergerak di sektor kuliner. Dengan melakukan pendampingan yang terus menerus, tidak hanya pengembalian dana bergulir yang berjalan baik tapi juga kemampuan UMKM semakin bertambah.

“Alhamdulillah, hingga Juni dana yang kita gulirkan untuk tahun ini sudah kembali sebesar Rp1,6 Milyar. Saya optimis sampai akhir tahun bisa kembali sebesar Rp2 Milyar. Dan ini akan membuka peluang lebih besar bagi UMKM-UMKM lainnya untuk mendapatkan tunjangan modal kerja di Tahun 2022,” tambah Irwan Perangin-angin.

Saat ini, sambung Irwan, PTPN 2 memiliki desa binaan, yakni Desa Bingkat di Melati, Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang bedagai. Di desa binaan itu sebagian besar warganya adalah kelompok peternak binaan PTPN 2.

Di depan perwakilan GP Ansor Pusat, dan Ketua GP Ansor Sumatera Utara, Adlin Yusri Tambunan yang juga Wakil Bupati Serdang Bedagai serta peserta pelatihan pendampingan yang merupakan kader-kader GP Ansor dari berbagai daerah di Sumatera Utara, Direktur PTPN 2 menyebutkan sangat terbuka peluang bagi kader-kader muda GP Ansor untuk bersinergi dengan PTPN 2 dengan memanfaatkan bantuan dana bergulir yang ada.

Baca juga:Tingkatkan Kapasitas UMKM Melalui Penggunaan Dompet Digital Bisnis

“Kami sangat mendukung aksi-aksi yang mendorong kader-kader muda untuk bisa mengembangkan kemampuan usaha. Dan PTPN 2 terbuka untuk bersama-sama melakukan sinergi yang bisa dilakukan, sehingga kehadiran PTPN 2 bisa dirasakan manfaatnya,” tegas Irwan Perangin-Angin.

Dalam kesempatan itu, Irwan perangin-Angin juga mendorong UMKM-UMKM yang ada agar bisa berperan di pasar digital (digital marketing). Sebab saat ini dunia usaha juga sudah memasuki era digitalisasi.(sembiring/hmn06)

Related Articles

Latest Articles