11.2 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Polres Batu Bara Patroli Subuh Cegah Balapan Liar dan Tawuran

Batu Bara, MISTAR.ID

Untuk menjaga ketertiban di bulan suci Ramadhan 1443 H dari segala bentuk gangguan maupun ancaman kejahatan, Polres Batu Bara melalui Satuan Samapta dan Polsek jajaran gencar melakukan patroli, Senin (10/4/22) subuh. Dalam pelaksanaannya, kegiatan patroli kali ini menyasar hingga ke wilayah Kecamatan Tanjung Tiram dengan sasaran utama pencegahan aksi balap liar yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Kegiatan patroli tersebut dipimpin langsung oleh Kanit Patroli Sat Samapta Bripka Jhon Peri Nababan bersama dengan personel Samapta dan Polsek Labuhan Ruku. “Kegiatan ini sudah menjadi agenda harian selama bulan suci Ramadhan. Tujuan utamanya untuk menjaga kesucian bulan Ramadhan dari hal-hal yang menciderai barokahnya”, ujar Kasat Samapta Polres Batu Bara AKP DP Sinaga melalui Kanit Patroli Bripka Jhon Peri Nababan.

Patroli juga untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya aksi balapan liar yang marak dilakukan oleh para remaja demi menjaga keselamatan bersama. Di samping itu, pihaknya juga mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban yang ada. “Di bulan suci ini ada baiknya jika kita disibukkan dengan hal-hal yang bermanfaat serta berpalaha bukan malah sebaliknya,” pungkasnya. Senada, Polsek Medang Deras juga menggelar patroli bersama TNI.

Baca juga: Polda Sumut Tingkatkan Patroli Dini Hari Saat Ramadhan

Kanit Patroli Polsek Medang Deras Polres Batu Bara IPTU M Sitorus bersama personel Koramil Medang Deras Sertu Harapan melaksanakan patroli sinergitas di wilayah hukum Polsek Medang Deras di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kelurahan Pangkalan Dodek Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara.

“Kita bersama dengan rekan TNI akan selalu menjaga agar wilayah Medang Deras ini selalu aman dan kondusif, maka dari itu selalu waspada terhadap segala gangguan kamtibmas dan tindak kriminal terutama 3C,” ucap Kapolsek Medang Deras AKP M Syafi’i. Pada patroli, personel membubarkan sekelompok remaja yang berkumpul di pinggir jalan dan meminta mereka kembali ke rumah masing-masing.

Sholat Tarawih Tetap Prokes

Sementara itu, ibadah sholat Tarawih selama bulan Ramadhan mendapat perhatian dari Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes yang menginstruksikan jajarannya melakukan PAM di Mesjid Mesjid namun tetap dengan menjunjung Protokol Kesehatan (Prokes).

“Rangkaian kegiatan yang kami lakukan selama pelaksanaan ibadah sholat Tarawih seperti sekarang ini yaitu mengantisipasi terjadinya Tindak Pidana khususnya Curanmor. Biasanya di areal parkir di mesjid tidak ada petugas parkir. Juga mengatasi kemacetan lalu lintas pada saat akan memasuki areal mesjid maupun ketika akan meninggalkan mesjid,” papar Kasi Humas Polres Batu Bara Iptu Ahmad Fahmi, Senin (11/4/22).

Baca juga: Imbauan Hingga Patroli Balap Liar, Polres Siantar Juga Ajak Orangtua Ikut Awasi Anak

PAM ibadah sholat Tarawih sembari menebar senyum dan sapaan yang ramah mengingatkan Prokes kepada jamaah yang melintas didepan gerbang Mesjid seperti Mesjid Al Mualimin Dusun Mesjid Barat Desa Lalang Kecamatan Medang Deras, Minggu (10/4/22) malam.

Kapolsek Medang Deras Polres Batu Bara AKP Syafii AS menjelaskan tujuan personil hadir disaat pelaksanaan ibadah Tarawih semata-mata agar tercipta situasi Kamtibmas yang aman terhadap masyarakat yang sedang beraktifitas ibadah Sholat Tarawih di bulan Ramadhan dengan tetap mempedomani Prokes standar pencegahan Covid-19.

PAM juga dilakukan di Mesjid Nurulsalam Kecamatan Air Putih, Mesjid Anshor Jalinsum Dusun I Desa Pelanggiran Kecamatan Laut Tador, Mesjid Jamik Jalinsum lingk I Kelurahan Indrapura Kecamatan Air Putih, Mesjid Almunawaroh Jalinsum Desa Sipare-pare Kecamatan Air Putih, Mesjid Anshor Jalinsum Dusun I Desa Pelanggiran Kecamatan Laut Tador, Mesjid Al Hikmah Jalinsum Simpang Bengkel Pusaka Desa Sei Suka Deras Kecamatan Sei Suka dan mesjid lainnya.(ebson/hm09)

Related Articles

Latest Articles