10.5 C
New York
Sunday, March 3, 2024

Polisi Pariwisata Akan Dibentuk Untuk Amankan Kawasan Danau Toba

Simalungun, MISTAR.ID

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan membentuk polisi pariwisata untuk menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan Danau Toba.

Pembentukan polisi pariwisata disampaikan Kepala Biro (Kabiro) Perencanaan Umum dan Anggaran (Rena) Kepolisian Daerah Sumatera Utara Kombes Harries Budiharto, saat berkunjung dan melakukan rapat di Hotel Niagara, Parapat, Simalungun, Jumat (13/5/22). Hadir dalam acara itu Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto.

Harries Budiharto dalam paparannya menuturkan, hal yang melatari pembentukan polisi pariwisata itu yakni setelah Danau Toba ditetapkan sebagai kawasan pariwisata super prioritas. Penetapan tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 81 Tahun 2014. Serta, Danau Toba juga ditetapkan UNESCO sebagai Global Geopark.

Baca Juga:Wabup Pakpak Bharat Dukung Rencana Membentuk Polres Pariwisata Danau Toba

“Kami menyiapkan dan membentuk polisi kawasan pariwisata dalam pengamanan kawasan super prioritas Danau Toba,” ucap Harries.

Hal itu juga, sebutnya, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Pengamanan itu, lanjutnya, juga tercantum pada 9 program prioritas Kapolri, yakni dengan menjamin keamanan program prioritas nasional pada 10 destinasi pariwisata sebagai wujud penguatan ekonomi nasional.

Baca Juga:Jumlah Wisatawan di Kawasan TCR Danau Toba Mencapai 13.133 Orang

Sementara itu, Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto menyampaikan pentingnya sinergitas pemerintah daerah dan Polri dalam pengembangan destinasi wisata.

“Diharapkan sinergitas antara Polri dan pemerintah daerah mampu memanfaatkan alam ini dengan baik agar kita dapat menikmati sampai anak cucu kita,” ujar Arief.

Jika ini di kelola dengan baik, lanjut Arief, maka akan banyak manfaat yang bisa diperoleh.

Baca Juga:Kementerian Perhubungan RI Gelar Pengecekan Kapal di Danau Toba

“Jadi tugas kita menjaga dan merawatnya agar rakyat dapat sejahtera,” tandasnya.

Dalam kunjungan kerja Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto, tampak pengurus Partuha Maujana Simalungun (PMS) menyematkan pakaian adat Simalungun kepada Arief Sulistyanto.

“Seperangkat pakaian adat Simalungun yang kami berikan merupakan bentuk penghormatan kami, pemerintah dan masyarakat Simalungun atas kehadiran Komjen Arief Sulistyanto. Semoga Bapak diberikan keberkahan dan kemudahan dalam menjalankan tugasnya,” ujar Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. (hamzah/re/hm14)

 

Related Articles

Latest Articles