10.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Polda Sumut Siapkan Commander Center Dukung F1H2O

Medan, MISTAR.ID

Polda Sumatera Utara mengaku telah menyiapkan Commander Center untuk mendukung event internasional Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula (F1H2O) di Danau Toba, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

Diketahui, Commander Center merupakan tempat atau lokasi untuk memberikan perintah, koordinasi, dan pengambilan keputusan yang cepat dalam mendukung atau menanggapi peristiwa-peristiwa penting. “Perlu saya sampaikan bahwa sudah disiapkan Commander Center yang nantinya difungsikan untuk memantau situasi saat F1H2O,” sebutnya, saat mengikuti rapat kerja dalam persiapan penyelenggaraan event F1H2O di Aula Tengku Rizal Nurdin, Kamis (19/1/23).

Panca menambahkan, untuk jumlah personel gabungan yang diturunkan melaksanakan pengamanan sebanyak 1.500 orang. Namun begitu jumlah personel gabungan ini masih dalam tahap penghitungan.

Baca Juga:Polda Sumut Dalami Laporan Penghinaan terhadap Ketum PDIP Megawati

Pada kesempatan itu, Panca menyebutkan telah mengintruksikan Direktorat Lantas Polda Sumut bersama Dishub untuk meninjau kondisi jalanan di Kabupaten Toba untuk melakukan rekayasa arus lalu lintas selama digelarnya F1H2O pada 24-26 Februari 2023 mendatang.

Lanjut dia, persiapan event Internasional F1H2O di Danau Toba, berjalan lancar dan tinggal menunggu proses penyelesaian pembangunan sarana prasarana. “Personel Polda Sumut dibantu Kodam I Bukit Barisan, Polres Toba, Pemkab Toba beserta stakeholder lainnya telah melaksanakan pembersihan wilayah di Balige, Kabupaten Toba,” kata dia hadapan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Selain itu, proses pemindahan sementara para pedagang yang berjualan di pinggir jalan Kota Balige telah dilaksanakan oleh stakeholder. Dimana, sambung dia, para pedagang bersedia ditempatkan di dekat Hotel Labersa selama perhelatan akbar F1H2O.

Baca Juga:Polda Sumut Siap Amankan Perayaan Imlek

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Toba serta masyarakat yang telah bersedia mendukung suksesnya event F1H2O sebagai upaya mempromosikan Wisata Danau Toba di kancah dunia,” ungkapnya.

“Dari rapat yang kita gelar hari ini, saya melaporkan persiapan F1H2O Danau Toba berjalan lancar tanpa adanya gangguan. Oleh karena itu diharapkan dukungan seluruh stakeholder serta masyarakat dalam menyukseskan event dunia tersebut,” kata dia.(saut/hm15)

Related Articles

Latest Articles