15.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Polda Sumut Siap Terima Penitipan Barang Saat Mudik Lebaran 2022

Medan, MISTAR.ID

Polda Sumut siap membantu warga Sumatera Utara dan sekitarnya saat mudik Lebaran. Bagi warga yang akan tinggalkan rumah diharapkan melapor ke Polsek maupun Polres terdekat.

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak menyebutkan, pihaknya akan melaksanakan Operasi Ketupat Toba 2022 mulai 28 April hingga 9 Mei 2022. Hal ini
dilakukan guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang merayakan Idul Fitri maupun mudik.

“Salah satu konsep Operasi Ketupat Toba sasarannya adalah mengamankan rumah masyarakat yang ditinggal mudik,” sebut Kapolda usai menjalankan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas sektoral dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1442 H di Mapolda Sumut, Selasa (19/4/4/22).

Baca juga: Operasi Ketupat Toba Mulai Digelar 25 April

Ia mengaku, Polda Sumut siap menerima laporan dan bantuan bagi masyarakat yang ingin menitipkan barang-barang berharga. “Polri siap menerima laporan dan bantuan masyarakat untuk menitipkan barang di Polres-polres atau Polsek, apabila mereka (masyarakat) akan mudik untuk minta pengamanan,” terangnya.

Selain itu, pihaknya meningkatkan patroli guna menjaga rumah-rumah warga yang ditinggalkan penghuninya mudik. “Termasuk juga melakukan patroli dengan memperdayakan semua sistem keamanan lingkungan yang ada di wilayahnya,” jawab dia.

Selama Operasi Ketupat Toba 2022, Polda Sumut mendirikan 146 Pos Pam (105 Pos Pam, 35 Pos Pelayanan dan 10 Pos Terpadu) di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara. Pos
pengamanan itu, katanya akan ditempati 7.014 personel Polri dan 3.362 personel TNI dan lintas sektoral lainnya (10.376 personel gabungan).

“Melibatkan 7.014 personel Polri dan 3.362 personel TNI dan lintas sektoral lainnya,” kata Kapolda Sumut. Selain itu, berdirinya Pos Pam ini juga didukung sejumlah organisasi kemasyarakatan lainnya. (saut/hm09)

Related Articles

Latest Articles