27.1 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Pj Wali Kota: Kota Tebing Tinggi Telah Menggerakkan Sektor Jasa dan Perdagangan

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Pejabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Syarmadhani mengatakan Kota Tebing Tinggi telah menggerakkan sektor jasa dan perdagangan sebagai unggulan bagi peningkatan kualitas ekonomi masyarakat.

Hal itu disampaikan saat memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) Koperasi ke 76 tahun, dengan tema “Kemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat”, dengan tagline “Bangga Berkoperasi, Indonesia Maju”. pada Jumat (21/7/23), di Gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi.

Usai membacakan sambutan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki pada peringatan HUT Koperasi Tahun 2023, Pj Wali Kota Syarmadani berharap geliat ekonomi khususnya di Kota Tebing Tinggi semakin lebih baik.

Baca juga : Saat Rapat Paripurna Ranperda Pertanggungjawaban APBD, Pj Wali Kota Tebing Tinggi Sampaikan Penghargaan

“Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi mengharapkan geliat ekonomi menjadi semakin lebih baik di semua sektor, termasuk dukungan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara dan dukungan masyarakat, bisa benar memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan bisa menjadi tolok ukur terpenting dari ekonomi nasional,” imbuh Syarmadhani.

Sementara itu, Kabid Kelembagaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumut, Unggul Sitanggang menyampaikan bahwa dengan menyatukan kepentingan dibawah koperasi, efisiensi kolektif dapat dilakukan, posisi tawar terhadap pasar dapat ditingkatkan serta konsolidasi sumberdaya untuk berbagai usaha dapat diselenggarakan.

Dijelaskannya, data koperasi di Kota Tebing Tinggi, berdasarkan ODS (Online Data System) sebanyak 253 unit, aktif 65 unit dan tidak aktif 188 unit.

Baca juga : Penanganan Lingkungan Hidup, Pj Wali Kota Tebing Tinggi: Perlu Kolaborasi dari Semua Pihak

“Binaan nasional sebanyak 3 unit, yang mana aktif 2 unit tidak aktif 1 unit.  Binaan provinsi sebanyak 21 unit, aktif 20 unit tidak aktif 1 unit. Dan binaan Kota Tebingtinggi sebanyak 229 unit, aktif 43 unit tidak aktif 186 unit,” jelasnya.

Untuk memajukan koperasi di Indonesia, lanjut Kabid Kelembagaan, dibutuhkan landasan hukum yang kuat sebagai pegangan bagi semua pihak, pemerintah, masyarakat, aparat penegak hukum dan pihak-pihak lainnya.

“Saat ini Kementerian Koperasi UKM tengah menyusun RUU Perkoperasian, sebagai pengganti UU No. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian. Kita berharap koperasi mampu menjawab tantangan zaman, dan memiliki daya saing dan daya sanding yang besar,” ungkapnya.

Baca juga : Tumpukan Sampah Ranting Pohon Asam Resahkan Pejalan Kaki di Tebing Tinggi

Dia berharap semoga koperasi menjadi sokong perekonomian di Kota Tebing Tinggi dan semoga Indonesia Maju.

Selain itu, Kadis Perdagangan, Koperasi dan UK Tebing Tinggi, Zahidin menuturkan kegiatan peringatan HUT Koperasi ini bertujuan untuk memajukan dan menjalin silaturahmi kepada para penggerak koperasi yang ada di Kota Tebing Tinggi.

“Dan meningkatkan kerjasama, sinergitas menciptakan daya saing koperasi yang unggul,” ungkap Zahidin.

Acara  dilanjutkan  dengan pemberian hadiah kepada koperasi berprestasi di tingkat Kota Tebing Tinggi serta penyerahan sertifikat halal kepada pelaku usaha UMKM dan penyerahan sertifikat Nomor Induk Koperasi Kota Tebing Tinggi. (nazli/hm18)

Related Articles

Latest Articles