10.5 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Peringati HAB ke-77, Kemenag Dairi Gelar Jalan Santai Kerukunan

Dairi, MISTAR.ID

Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Dairi menggelar acara jalan santai kerukunan, Sabtu (14/1/21).

Jalan santai mengambil start dari Kantor Kemenag Dairi, Jalan Rumah Sakit-Sisingamangaraja-Kartini-FL Tobing kembali ke Kantor Kemenag Dairi.

Jalan santai kerukunan diwarnai marching band dibawakan siswa/i Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidikalang. Acara diikuti ribuan umat melibatkan peserta dari FKUB, Nahdlatul Ulama (NU), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), tokoh agama, Bishop, Badan Musyawarah Antar Agama (BMAG), MUI, GP Anshor, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, ASN, siswa/i SMP, SMK, SMA se-Sidikalang dan ormas lainnya.

Baca Juga:Kemenag Keluarga Logo Halal Terbaru, Ini Kata MUI Sumut

Kegiatan itu juga merupakan Deklarasi Damai Umat Beragama di Kabupaten Dairi dengan ikrar. Yakni, memperkuat komitmen kebangsaan untuk merawat kebhinekaan yang menjadi anugrah terbesar bangsa Indonesia. Mengukuhkan gerakan moderasi beragama untuk seluruh umat beragama guna mewujudkan kehidupan sosial yang rukun dan harmonis.

Menghindari segala bentuk ujaran kebencian, berita bohong dan tindakan yang dapat mengakibatkan pembelahan sosia akibat polarisasi politik. Serta berkomitmen untuk tidak menggunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye atau aktivitas sebagaimana larangan yang tetuang dalam Undang-Undang Pemilu.

Ketua panitia Mahdi Kudadiri menyebutkan, acara juga dirangkai dengan hiburan dan lucky draw. (manru/hm14)

Related Articles

Latest Articles