9.8 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Perangkat Desa di Bangun Purba Deli Serdang Mengeluh Honor Disunat Kades untuk Nyalon

Deli Serdang, MISTAR.ID

Perangkat Desa Bah Balua Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang mengeluh. Pasalnya mereka kerap dimintai uang oleh Kades Bah Balua. “Honor kami perangkat desa termasuk kepala dusun bulan kemarin dipotong oleh bendahara desa sebesar Rp1 juta.
Dibilang uang potongan tersebut digunakan buat biaya tambahan modal untuk memenangkan kades petahana,”ujar salah seorang perangkat desa yang meminta namanya dirahasiakan, Jumat (8/4/22).

Jika menolak, sambung perangkat itu, posisi mereka akan diganti tidak lagi menjadi perangkat desa. Bahkan bagi kepala dusun akan dibekukan dusunnya. Disebutkan mereka
lagi, pemotongan honor perangkat desa bukan kali ini saja terjadi.

“Setiap ada kegiatan di kecamatan kami perangkat desa terbebani. Memang tidak besar uang potongan itu, tapi itu kan uang hasil kerja kami,” bilang wanita setengah baya tersebut. Parahnya lagi untuk perpanjangan SK perangkat desa juga dipatok bayaran hingga mencapai Rp10 juta.

Baca juga: Pangulu dan Perangkat Desa Belum Gajian 4 Bulan, Begini Penjelasan DPMPN Simalungun

Sejumlah warga di sana menuturkan jika mereka mengetahui adanya pemotongan honor perangkat desa sebagai tambahan biaya untuk kades petahana. “Kita dengar itu. Dan
pemotongan honor itu juga dialami istri saya. Gajinya nggak penuh. Potongan honornya juga untuk biaya kades ikut bertarung dalam pilkades serentak pada 18 April depan,”bilang Mis.

Sementara warga lainnya menyebutkan bahwa mereka tidak pernah melihat anggaran PKK yang diusulkan kades setiap tahunnya digunakan kemana. “Masalah-masalah di desa kami
ini tidak pernah mencuat ke permukaan. Apa karena BPD dan bendahara desa masih berkaitan keluarga dengan kepala desa,”jelas Dir Saragih.

Pun begitu, hal tersebut dibantah Kades Bah Balua Hemat Purba. Saat dikonfirmasi wartawan dirinya tidak mengakui ada pemotongan sebagaimana yang dikeluhkan. “Itu tidak benar. Ini mungkin sengaja diciptakan untuk menjatuhkan pamor saya sebagai calon kades petahana,” bantahnya. (sembiring/hm09)

Related Articles

Latest Articles