21 C
New York
Friday, May 3, 2024

Penuhi Kebutuhan, Rusunawa Poltekkes Kemenkes Medan Dibangun

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang, Ali Yusuf Siregar menegaskan percepatan pembangunan di Kabupaten Deli Serdang dilakukan dengan konsep Gerakan Deli Serdang Membangun atau GDSM, di mana GDSM melibatkan pemerintah, sektor swasta dan masyarakat.

Yusuf mengatakan, kehadiran rusunawa akan semakin mendorong percepatan pembangunan di Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Deli Serdang pada bidang pendidikan dan kesehatan serta berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Demikian disampaikan Yusuf Siregar pada Ground Breaking pembangunan Rumah Susun Asrama Mahasiswa (Rusunawa) Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Medan di Lapangan Basket Poltekkes Kemenkes Medan, di Jalan Besar Medan-Lubuk Pakam, Kelurahan Petapahan, Kecamatan Lubuk Pakam, Senin (15/1/24).

Bupati juga memberi apresiasi kepada semua pihak, khususnya civitas akademika Poltekkes Kemenkes Medan yang telah membangun rusunawa tersebut.

“Kita sama-sama berdoa agar semua upaya dan rencana pembangunan rusunawa ini berjalan dengan lancar,” katanya.

Baca juga: Poltekkes Dinilai Tidak Bertanggungjawab dengan Aset di Jalan Pane

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) Poltekkes Kemenkes Medan, RR Sri Arini Winarti Rinawati mengatakan, perguruan tinggi sebagai salah satu sarana pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelayanan pendidikannya dituntut untuk senantiasa berbenah dan mengembangkan diri.

“Tujuannya agar performanya terus membaik bermutu dan berkualitas sebagai wujud tanggung jawab pelayanan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” papar Sri Arini.

Dijelaskannya, perubahan zaman menuntut manusia untuk mampu beradaptasi, terutama di era revolusi industri. Maka dari itu, Poltekkes Kemenkes Medan memiliki kontribusi besar menyiapkan SDM yang adaptif terhadap pergerakan pada setiap era perkembangan zaman.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk pembangunan kualitas SDM adalah dengan pembangunan rusunawa Poltekkes Kemenkes Medan yang memiliki sembilan asrama mahasiswa dan tersebar di beberapa lokasi.

Baca juga: Penindakan Terhadap Pemilik Bangunan di Lahan Pemprov Sumut Mandek

“Jumlah mahasiswa saat ini lebih dari 5.000 orang. Mahasiswa di jurusan gizi saat ini sebanyak 1.041 orang dengan asrama yang lama, baru bisa menampung sebanyak 52 orang. Keberadaan rumah susun mahasiswa di jurusan gizi Lubuk Pakam ini direncanakan bisa menampung sebanyak 340 orang,” rincinya.

Pembangunan rusunawa tersebut,tambah Sri, selain mendukung layanan terhadap pemenuhan penghunian bagi mahasiswa, diharapkan juga untuk membentuk akademik yang dapat diperkuat dengan berbagai asrama, sehingga kedisiplinan serta karakter pengembangan sosial mahasiswa bisa dibentuk.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera II, Iswanto mengemukakan, pembangunan rusunawa tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemanfaatan ruang dan lahan serta mengurangi luasan dan mencegah tumbuh berkembangnya perumahan dan permukiman kumuh.

Related Articles

Latest Articles