23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pemprov Sumut Ingatkan Pengunjung Objek Wisata Patuhi Prokes dan Jaga Kebersihan

Medan, MISTAR.ID

Libur Idul Fitri 1443 Hijriah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) kembali mengimbau masyarakat untuk tetap ketat protokol kesehatan (Prokes) guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. Bahkan Pemprov Sumut juga mengimbau para pengunjung objek wisata untuk tidak menimbun sampah alias menjaga kebersihan di lokasi objek-objek wisata.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut Zumri Sulthony, Jumat (6/5/22). “Sesuai arahan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pemprov Sumut akan melakukan evaluasi keseluruhan. Paling enggak dua minggu ke depan jadi akan kita pantau dan dievaluasi,” sebut Zumri.

Baca Juga:Lokasi Wisata di Simalungun Bakal Dipadati Pengunjung, Satgas Imbau Prokes

Zumri menjelaskan, Idul Fitri ini, pemerintah tidak melakukan pembatasan aktivitas kepada masyarakat untuk mudik. Termasuk menghabiskan liburan Lebaran di objek-objek wisata. Namun, harus tetap diantisipasi. Karena dia menilai, Covid-19 belum berakhir. “Yang saya khawatir ini teman-teman di lapangan, di Kabupaten, agar tetap menerapkan prokes secara ketat. Karena, pandemi belum usai. Covid-19 masih ada,” tutur Zumri.

“Jangan sampai terjadi peningkatan signifikan dari pergerakan (masyarakat berwisata) yang begitu bebas. Mudah-mudahan pandemi (Covid) tidak meningkat. Sehingga objek wisata ini tidak ditutup lagi sementara. Atau dengan aturan PPKM Mikro yang lebih ketat, pasti kan gitu,” ucap Zumri.

Baca Juga:Babinsa Imbau Pengunjung Wisata Kebun Teh Sidamanik Patuhi Prokes

Kemudian Zumri mengatakan, Pemprov Sumut mengantisipasi sampah yang dihasilkan masyarakat melakukan aktivitas liburan di objek wisata. Karena, bisa menimbulkan dampak lingkungan. Untuk itu, Zumri mengimbau masyarakat agar selalu bersih dan tidak membuang sampah sembarangan. Termasuk, pelaku usaha dan pengelolaan objek wisata, agar mengedukasi pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan.

“Satu lagi yang pasti terjadi biasanya sampah ini. Maka masyarakat ini diedukasi karena mereka liburan pasti bawa sampah ya kan. Saya lihatnya wisatawan lokal ini yang belum memiliki kesadaran tinggi akan sampah. Pasti akan asal buang aja. Pasti kejadian lagi ini tahun ini. Karena pengalaman sebelumnya sampah itu banyaknya luar biasa,” kata Zumri.

Baca Juga:Wagubsu Ingatkan Pemudik Jangan Lalai dan Tetap Patuhi Prokes

Zumri mengungkapkan, pihaknya bersama TNI/Polri, Dinas Perhubungan Provinsi Sumut, Basarnas dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, fokus dengan pengawasan dan pengamanan keselamatan masyarakat saat berada di objek wisata. Zumri meminta kepada pelaku usaha, pengelola objek wisata dan masyarakat untuk mengikuti semua aturan untuk keselamatan. Jangan sampai liburan menimbulkan musibah dan korban jiwa.

“Perlu dijaga lagi, keselamatan, itu imbauan saya. Kami bersama Kementerian dan juga Basarnas ada komunikasi agar tetap menjaga keamanan pengunjung tetap dijaga. Karena ini agak rawan di beberapa tempat, khususnya Danau Toba, seperti kejadian yang lalu itu fatal ya. Fokus kita menjadi pengawasan bersama ini. Tolong dipantau agar semua berjalan lancar,” pungkasnya.(anita/hm15)

Related Articles

Latest Articles