17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pansus DPRD Deli Serdang Serahkan Rekomendasi LKPj TA 2022 pada Bupati

Deli Serdang/MISTAR.ID

Panitia khusus (Pansus) DPRD Deli Serdang menyerahkan rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) TA 2022 kepada Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan pada sidang paripurna, Selasa (23/5/23).

Rekomendasi tersebut merupakan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah. Rekomendasi diberikan setelah memperhatikan laporan Pansus untuk mencermati, membandingkan dan menelaah LKPj Bupati Deli Serdang TA 2022.

“Kami harapkan, catatan dan rekomendasi yang kami sampaikan ini bisa direalisasikan dan menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan kinerja Pemkab Deli Serdang di masa akan datang,” kata Ketua Pansus LKPj, Antonius Ginting.

Atas rekomendasi yang diberikan tersebut, Bupati Ashari Tambunan menjelaskan LKPj TA 2022 disampaikan sesuai amanat Pasal 69 ayat (1) UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah dengan UU No.9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas UU No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang menyatakan kepala daerah mempunyai kewajiban menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah, laporan keterangan pertanggungjawaban, dan ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Baca juga : Paripurna LKPj Bupati Deli Serdang TA 2022, Pendapatan Daerah Terealisasi Sebesar 89,28 Persen

“Meskipun disadari, penyajian laporan yang telah disampaikan, mungkin dirasa masih ada kekurangan, baik dalam muatan maupun hasil capaian kinerja yang diperoleh. Namun, kami berkeyakinan apa yang telah disampaikan telah mencakup hal-hal yang diperlukan sebagai informasi pelaksanaan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, sesuai dengan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang telah ditetapkan,” papar Ashari, seraya memberi apresiasi dan penghargaan kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD atas rekomendasi yang telah diberikan.

Ashari Tambunan mengakui,penyelenggaraan pemerintahan yang telah dilaksanakan selama tahun 2022, belum seluruhnya berjalan maksimal.

Namun, dengan sinergitas eksekutif dan legislatif serta dukungan berbagai pihak, diyakini visi dan misi Kabupaten Deli Serdang bisa diwujudkan.

“Di samping belum tercapainya perolehan target pendapatan daerah, kita juga masih menyisakan berbagai tantangan yang harus diselesaikan lagi ke depannya. Baik melalui dukungan APBD, maupun melalui pola sinergitas tiga pilar kekuatan pembangunan, yaitu pemerintah, partisipasi masyarakat dan dukungan sektor swasta,” ungkap Ashari pada rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, Amit Damanik bersama Wakil Ketua lainnya H.Nusantara Tarigan Silangit dan dihadiri unsur Forkopimda,Sekdakab, H.Timur Tumanggor dan pimpinan OPD. (Rinaldi/hm19)

Related Articles

Latest Articles