14.4 C
New York
Friday, May 3, 2024

Musrenbang RKPD Humbahas 2023, Ini Sektor Yang Jadi Prioritas

Humbahas, MISTAR.ID

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor mengharapkan peran serta dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan untuk kemajuan di daerah itu.

Hal itu dikatakan Dosmar saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 yang dilaksanakan secara hybrid (sistem tatap muka dan jarak jauh) di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi dan teleconference, Jumat (25/3/22).

“Melalui musrenbang ini dapat melahirkan inovasi baru berupa ide dan gagasan yang brilian terkait  bagaimana pengembangan manusia yang unggul serta mewujudkan infrastruktur yang berkeadilan. Untuk itu dibutuhkan peran serta dan partisipasi masyarakat sekaligus perhatian khusus para peserta musrenbang,” ucapnya.

Baca Juga:Hasil Musrenbang Kota Medan, Seluruh Pemangku Kepentingan Diharapkan Tingkatkan Kualitas

Musrenbang tahun 2023 yang bertema “Optimalisasi daya saing pertanian dalam percepatan pemulihan ekonomi berbasis inovasi, SDM unggul serta infrastruktur yang berkeadilan”, diikuti oleh Gubernur Sumatera Utara diwakili Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Ketua dan Anggota DPRD Humbahas, instansi pemerintahan, Kepala OPD Provinsi Sumut, tokoh agama, masyarakat, LSM dan pers.

Sebelumnya, Dosmar Banjarnahor melalui video conference juga menyampaikan bahwa Pemkab telah melewati tahapan-tahapan mulai dari tingkat desa, kecamatan, rancangan awal dan sampai pada saat ini tentu sudah memahami titik berat untuk pembangunan tahun 2023.

Dosmar juga menjelaskan, ada beberapa sektor yang menjadi prioritas dan perlu diperkuat, yakni pertanian, infrastruktur, SDM di bidang kesehatan dan pendidikan, peningkatan ekonomi.

Baca Juga:Pemko Siantar Gelar Musrenbang Tahun 2023

“Ada beberapa yang perlu kita perkuat, pertama bahwa Humbahas adalah daerah  pertanian. Kedua akses infrastruktur harus dibenahi. Ketiga peningkatan SDM, kita masih membutuhkan waktu juga untuk pembenahan SDM baik itu bidang kesehatan ataupun pendidikan. Keempat peningkatan ekonomi,  di mana dampak Covid-19 sangat  terasa dan mempengaruhi segala hal termasuk ekonomi. Diharapkan pemerintah, DPRD, semua stake holder duduk bersama fokus peningkatan ekonomi tahun 2023,” katanya.

Selain itu, lanjut Dosmar, Pemkab Humbahas agar fokus pada bidang kesehatan terkhusus permasalahan stunting. Pada bidang pendidikan, agar fokus pada pelatihan guru, sehingga bisa mengajar anak didik lebih inovatif seperti melalui metode gasing.

Pemkab memberikan beasiswa terutama program Pemkab tahun 2023 bahwa semua anak yatim piatu yang berniat untuk sekolah akan ditangani dan diurus.

Baca Juga:Musrenbang RKPD Deli Serdang 2023 Dibuka, Gubsu: Tingkatkan Esensi Peran Publik

Masih kata Dosmar, air minum menjadi masalah yang perlu diperhatikan, padahal banyak sumber air minum tetapi belum dikelola dengan baik.

Masalah pupuk juga perlu mendapat perhatian, di mana Presiden RI memberi arahan bahwa Humbahas bisa membuat pupuk organik lokal, karena sumbernya banyak di daerah itu. Hal itu tidak berdaya dikarenakan tidak memiliki badan usaha.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol menyampaikan, DPRD menyambut baik dan mendukung pelaksanaan musrenbang RKPD tahun 2023. (dedy/hm14)

Related Articles

Latest Articles