17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Musim Haji 2023, Kuota di Sumut Kemungkinan Kembali Normal

Medan, MISTAR.ID

Situasi Covid-19 yang mulai membaik di berbagai negara termasuk di Indonesia menjadi harapan pada musim haji tahun 2023 ini dan penyelenggaraan haji dibuka dengan kuota normal.

Terlebih Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah telah menandatangani kesepakatan mengenai kuota haji Indonesia tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi di Kota Jeddah, Arab Saudi, Minggu (8/1/23).

Pada tahu 2023 ini, pemerintah Indonesia bisa memberangkatkan calon jemaah haji dengan tanpa batasan usia dengan kuota berjumlah 221 ribu.

Baca Juga:Haji Novri Ompusunggu: Mari Sama-sama Membangun Simalungun

Untuk itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumut H Amri Siregar mengatakan diharapkan di Sumut juga bisa mendapatkan 100% kuota.

“Apabila itu tercapai maka Sumut akan memberangkatkan kuota normal dengan jumlah 8.168 jemaah. Dimana kuota normal itu, kita ada 22 kloter dimana 1 kloter digabung dengan Aceh,” jelas Amri, Senin (9/1/23).

Ditambahkan Amri, telah dimulai dari sekarang untuk perekrutan atau seleksi petugas haji. Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi ke kabupaten/kota se Sumut agar segera melakukan seleksi.

“Untuk petugas itu dari sekarang sudah di mulai rekrut atau seleksi. Maka kita telah lakukan sosialisasi ke kabupaten/kota agar teman-teman di sana segera melakukan seleksi sesuai dengan persyaratan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, setelah tahun sebelumnya pemberangkatan calon jemaah haji dibatasi oleh usia. Pada tahu 2023 ini, pemerintah Indonesia bisa memberangkatkan calon jemaah haji dengan tanpa batasan usia dengan kuota berjumlah 221 ribu orang.

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah menandatangani kesepakatan mengenai kuota haji Indonesia tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi di Kota Jeddah, Arab Saudi.

“Alhamdulillah, misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000,” kata Yaqut sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta.

Baca Juga:Jumlah Kuota Haji di Sumut Menunggu dari Pusat

Kuota itu terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini mendapat 4.200 kuota.

Penandatanganan kesepakatan mengenai kuota haji Indonesia tahun 2023 antara lain dihadiri oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, Direktur Jenderal Penyenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief, serta Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali, Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo dan Ishfah Abidal Aziz, serta Konsul Haji Republik Indonesia di Jeddah Nasrullah Jasam juga menghadiri acara tersebut.

Menteri Agama mengatakan, dalam pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi disepakati bahwa tidak adanya batasan usia bagi jemaah haji yang diberangkatkan tahun 2023.

Batasan usia jemaah haji di bawah 65 tahun yang diterapkan oleh Pemerintah Arab Saudi dalam pelaksanaan haji tahun 2022 guna meminimalkan penularan Covid-19 tidak diberlakukan lagi.

“Sesuai kesepakatan, tahun ini sudah tidak ada pembatasan usia jemaah haji. Artinya, jemaah 65 tahun ke atas juga dapat berangkat haji tahun ini,” kata Yaqut. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles