13.1 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Medan dan Padangsidimpuan Keluar dari Zona Merah

Medan, MISTAR.ID

Kota Medan yang tadinya zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19, kini masuk zona oranye atau risiko sedang. Begitu juga dengan Kota Padangsidimpuan yang sebelumnya zona merah kini masuk zona kuning atau risiko rendah.

Dengan begitu tidak ada zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara. Hal ini berdasarkan penelusuran yang dilakukan, dalam laman https://covid19.go.id/peta-risiko Satgas Penanganan Covid-19 Pusat.

Berdasarkan laman tersebut, Satgas Covid-19 juga menurunkan jumlah zona orange di Sumut dari 8 menjadi 5 daerah. Kelimanya yakni Deli Serdang, Dairi, Karo, Medan dan Taput.

Baca Juga:Pertengahan Mei Kasus Covid Sumut Bertambah 1.077, Gubsu Imbau Daerah Perketat Pengawasan

Sedangkan untuk zona hijau, jumlahnya masih tetap bertahan pada 7 daerah. Masing-masing Samosir, Nias Barat, Nias, Paluta, Humbahas, Nias Utara, Nias Selatan. Lonjakan justru terjadi pada zona kuning dari sebelumnya hanya 16 daerah menjadi 21. Daerah itu yakni Pakpak Bharat, Tanjungbalai, Tebingtinggi, Tapteng, Toba Samosir, Labusel, Sibolga, Labuhanbatu, Madina, Sergai, Batubara, Padang Lawas, Gunung Sitoli, Tapsel, Simalungun, Labura, Binjai, Padangsidimpuan, Langkat, Asahan, Pematangsiantar.

Penetapan status zonasi risiko Covid-19 itu sendiri, dilakukan melalui hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah per tanggal 4 Juli 2021. Seperti diketahui, peta zonasi risiko daerah tersebut, dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat, berupa epidemiologi, yaitu penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya. (saut/hm12)

Related Articles

Latest Articles