12.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Malam Ini Sejumlah Wilayah di Sumut Berpotensi Hujan

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan memprediksi sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan pada malam hari ini.

Prakirawan BMKG wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah mengatakan, wilayah itu meliputi Kabupaten Langkat, Asahan, Labuhanbatu dan Labuhanbatu Utara (Labura).

“Untuk intensitasnya berupa hujan ringan hingga sedang,” ujarnya dikonfirmasi, Selasa (6/6/23).

Baca juga: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Perlu Diwaspadai

Utami mengatakan, untuk sore hari hujan juga berpeluang terjadi di Kepulauan Nias, Langkat, Dairi, Mandailing Natal (Madina), Simalungun, Padang Lawas (Palas), Tapanuli Tengah (Tapteng), Sibolga, Tapanuli Selatan (Tapsel), Padang Sidempuan dan Karo.

“Dini hari nanti hampir seluruh wilayah di Sumut berawan,” kata Utami.

Dia mengatakan, suhu udara Sumut hari ini Selasa (6/6/23) berada pada kisaran 16.0-34.0 derajat celcius. Kelembaban udara 60-95 persen, sementara angin yang bertiup dari tenggara ke barat daya berkekuatan 10-30 km/jam.

Baca juga: Hujan Petir Berpeluang Melanda di Sembilan Provinsi

“Untuk titik panas (hotspot) ada 4 yang terdeteksi hari ini. Dua titik di Palas, sementara masing-masing 1 titik di Padang Lawas Utara (Paluta) dan Tapanuli Utara (Taput),” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Utami juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai perubahan cuaca tiba-tiba, yaitu hujan deras yang dapat diiringi guntur dan angin kencang di sebagian lereng timur.

“Kondisi ini dapat memicu terjadinya genangan air, banjir dan bencana hidrometeorologis lainnya,” pungkas Utami. (ial/hm16)

Related Articles

Latest Articles