17.7 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Lepas Peserta Penas Petani Nelayan XVI, Ashari: Produk Deli Serdang Tidak akan Kalah Bersaing

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan melepas peserta Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan ke XVI ke Padang, Provinsi Sumatera Barat, Kamis (8/6/23), berlangsung di Aula Cendana, kantor Bupati setempat.

Ashari Tambunan menyebutkan, Penas Petani Nelayan akan dilangsungkan di Lapangan Udara Sultan Sahri, Kelurahan Parupu Tabing, Kecamatan Koto Tengah, Kota Padang, mulai Sabtu (10/6/23) sampai Kamis (15/6/23) diikuti 123 orang peserta dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Deli Serdang.

Penas Petani Nelayan itu akan dibuka Presiden, Joko Widodo dan ditutup Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin.

Baca juga: Jadi Ajang Saling Tukar Informasi, Kabupaten Simalungun Berangkatkan 80 Kontingen Ikuti Penas di Kota Padang

“Kita syukuri, dengan alam yang luas terdiri dari topografi berbeda-beda. Ada di dataran rendah maupun tinggi, pantai dan pesisir. Subur tanahnya. Tuhan menganugerahkannya pada Deli Serdang, wilayahnya yang letak geografisnya strategis. Deli Serdang diapit 2 pelabuhan besar yakni, Belawan dan Kuala Tanjung. Perlu sampaikan adalah kita (Deli Serdang) sejengkal atau sepelemparan batu dengan pasar yang bisa menyerap semua hasil produksi kita. Terlebih hasil di bidang pertanian, termasuk peternakan dan perikanan,” kata Ashari.

Karena itu, Ashari optomis produksi asal Deli Serdang tidak akan kalah saing di pasar mana pun. Terlebih di Kota Medan.

“Pasti lah, seharusnya harga produksi kita lebih murah dikarenakan jarak angkutan yang sangat dekat,” paparnya, seraya memberi apresiasi kepada para petani karena berkat kerjak keras yang dilakukan, telah memberi kemajuan di Deli Serdang, khususnya di bidang pertanian.

Baca juga: Selama 2022, Pemko Medan Belanja Produk UMKM Lokal Sebesar Rp29 Miliar

Bupati berharap, melalui keikutsertaan di ajang Penas Petani Nelayan ini, para peserta bisa lebih semangat dalam membangun Deli Serdang.

“Para peserta harus lebih semangat. Mudah-mudahan, memperoleh tambahan ilmu, pengetahuan, teknologi dan pemahaman baru yang bisa dimanfaatkan dan mengembangkan pertanian di Deli Serdang,” harapnya.

Hadir di acara itu, Sekretaris Daerah (Sekda), Timur Tumanggor, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Khoirum Rizal, Kepala Dinas Pertanian, Rahman Saleh Dongoran, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika,Statistik dan Persandian, Christina Helen Siagian dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, TM Zaki Aufa. (rinaldi/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles