16 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Konsumsi BBM di Sumut Diprediksi Meningkat, Ini Stok yang Tersedia

Medan, MISTAR.ID

Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan untuk stok dan penyaluran BBM serta LPJ akan aman dan lancar.

Adapun kebutuhan BBM di konsumsi Gasoline yakni Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo diperkirakan meningkat sebesar 14 persen atau dari rata-rata harian 4.793 KL menjadi 5.272 KL per hari. Sementara konsumsi Gasoil (Solar, Dexlite, Pertamina Dex) diprediksi mengalami kenaikan sebesar lima persen atau 3.610 KL menjadi 3.808 KL per hari.

Peningkatan juga diprediksi terjadi untuk konsumsi LPG sekitar delapan persen atau 1.401 Metrik Ton (MT) menjadi 1.508 MT per hari Proyeksi ini dibandingkan sales normal harian.

Baca Juga:Bentuk Satgas Nataru, Pertamina Pastikan Penyaluran BBM & LPG Aman dan Lancar

Dikatakan Executive General Manajer Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar saat melakukan Konferensi Media di Medan, Rabu (21/12/22).

“Adapun untuk ketahanan stok seluruh produk BBM di atas 10 hari dengan stok saat ini pertalite sebanyak 123.721 KL, pertamax sebanyak 31.285 KL, Pertamax Turbo sebanyak 2.125 KL, Solar/BIO Solar sebanyak 168.709 KL, Dex sebanyak 4.155 KL. Sedangkan untuk LPG di level 20 hari ada sebanyak 64.259 dan untuk Avtur dengan stok 61 hari ada sebanyak 36.606 KL,” jelasnya.

Adapun stok BBM, LPG serta Avtur terus diproduksi dan dipastikan aman dan lancar. Bahkan stok ini belum termasuk stok yang akan disalurkan dari kilang dan stok yang sedang berjalan dari kapal tanker.

Selain itu, khusus di Sumut ditambahkannya tersedia SPBU Kantong untuk memastikan tersedia stok BBM di beberapa titik padat (wisata dan mudik) antara lain, Parapat Kabupaten Simalungun, Kabanjahe Kabupaten Karo, Sidikalang Kabupaten Dairi, Pangururan Kabupaten Samosir, Doloksanggul Kabupaten Humbahas, Air Batu Kabupaten Asahan, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Balige dan Kota Padang Sidimpuan.

Baca Juga:Warga Siantar Minta Bansos BLT Subsidi BBM Berlanjut Tahun 2023

“Kami menyediakan 15 motoris dan 12 SPBU Kantong di Sumatera Utara. Kami juga ingin berbagi dengan pelanggan setia Pertamina. Misalnya promo non tunai MyPertamina, pembeliaan pelumas, Bright Gas dan sebagainya. Semangat Energi Harapan Baru ini akan membawa siaga memenuhi kebutuhan energi dan setia memberi keceriaan bagi masyarakat,” ucapnya.

Freddy juga mengingatkan agar masyarakat bijak dalam menggunakan energi dalam hal ini BBM dan LPG. “Beli secukupnya dan sesuai keperluan, tidak menimbun apalagi menjual kembali terlebih untuk BBM Subsidi karena itu merupakan tindakan pidana,” tutup Freddy.

Informasi lebih lanjut mengenai pelayanan Pertamina Patra Niaga, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles