9.5 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Konsep Pertanian Presiden Jokowi dan Implementasi Bupati Dairi Eddy Berutu dengan Program Agri Unggul

Sidikalang, MISTAR.ID

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya sektor pertanian bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Pertanian bahkan disebut memiliki peran yang sangat strategis karena berhasil menyumbang 11,8 persen terhadap total Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

“Data yang ada di saya (pertanian) menyumbang 11,8 persen terhadap total PDB kita. Besar sekali. Apalagi kita tahu sektor ini memiliki peran yang sangat strategis. Sektor ini memegang peran yang sangat penting ke depannya dan ini juga menyediakan lapangan kerja 40 juta orang. Sektor ini sudah 29 persen dari total angkatan kerja yang ada,” ujar Presiden Jokowi saat membuka Sensus Pertanian 2023, Senin (15/5/2023) lalu.

Diketahui, sektor pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan, pembangunan dan perekonomian Indonesia, di mana saat pandemi Covid-19 dan ekonomi Indonesia terkontraksi -2,07 persen, pertanian tetap tumbuh positif di angka 1,77 persen dan tahun 2021 tumbuh 1,87 persen.

Baca Juga: Sambangi Desa Tumpak Raja, Bupati Eddy Berutu Ingatkan Soal Ini

Kemudian pada tahun 2022 tumbuh 2,25 persen dan memberikan kontribusi pada perekonomian nasional sebesar 12,40 persen. Di sisi lain, sektor pertanian juga mampu menyerap 40,69 juta orang atau 29,36 persen tenaga kerja pada Februari 2023.

Presiden Jokowi menekankan pembangunan pertanian harus dilaksanakan dalam skala ekonomi yang lebih luas. Salah satunya dengan pengembangan kawasan lumbung pangan atau food estate.

“Kita harus membangun sebuah kawasan yang economic scale, enggak bisa kecil-kecil lagi. Oleh sebab itu, kenapa saya dorong food estate ini harus diselesaikan,” ujarnya.

Menurut Jokowi, pembangunan pada sektor pertanian ini tidak dapat dilakuan dengan cara-cara yang konvensional, rutinitas, dan monoton, melainkan dengan menerapkan teknologi pertanian.

Presiden mengatakan, pembangunan pertanian dengan skala yang lebih luas dan penerapan teknologi pertanian ini merupakan jawaban untuk meningkatkan daya saing harga produk komoditas pangan lokal karena biaya produksi dapat menjadi lebih murah.

Related Articles

Latest Articles