11.2 C
New York
Monday, May 6, 2024

Ketua DPC Demokrat Apresiasi Penolakan LPJ Bupati Dairi yang Dilakukan Fraksi Demokrat

Sidikalang, MISTAR.ID

Penolakan Anggota DPRD Dairi dari Fraksi Demokrat atas pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Dairi Tahun Anggaran (TA) 2020 terhadap Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bupati Dairi mendapat apresiasi dari Ketua DPC Partai Demokrat Dairi Markus Purba.

Menurut Markus, langkah yang diambil kelima anggota Dewan tersebut merupakan kebijakan yang tepat. “Itu fakta di lapangan. Kelima anggota DPRD mendengar aspirasi masyarakat saat mereka melakukan reses,” kata Markus di Sekretariat DPC Partai Demokrat Dairi di Jalan Sudirman Sidikalang, Kamis (5/8/21).

Menurutnya, saat reses tersebut banyak ditemukan program Pemkab Dairi melalui OPD masing-masing tidak pro rakyat, seperti minusnya perekonomian masyarakat, minimnya pembangunan infrastruktur dan faktor sektor lainnya yang dinilai tidak dapat mensejahterakan masyarakat. Baik itu melalui sektor Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, RSUD dan sektor OPD lainnya yang tidak sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dalam program peningkatan perekonomian dan peningkatan kualitas aparatur Pemkab Dairi.

Baca Juga:Fraksi Demokrat Menolak Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Dairi T.A 2020

Akan tetapi jauh dari fakta dengan minimnya penyerapan anggaran di OPD masing-masing ditambah besarnya nilai Silpa sebesar Rp114 miliar. “Artinya Pemkab Dairi tidak mampu mengadopsi dan mengelola anggran secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat Dairi. Jadi slogan Dairi Unggul atau Perubahan Menuju Dairi unggul itu hanya retorika belaka yang tidak sesuai harapan masyarakat, dan janji-janji kampanye Eddy-Jimmy dulu,” beber Markus ditimpali para pengurus dan kelima anggota DPRD tersebut.

Markus Purba menyebutkan, menelisik program kinerja Pemkab Dairi yang sudah berjalan dua tahun empat bulan (28 bulan). “Tetapi fakta kinerja jauh dari harapan masyarakat termasuk banyaknya ditemui ketidakpuasan masyarakat dari visi misi sebelumnya dan janji-janji kampanyenya,” ujar Markus.

Dalam hal ini, ketidakpuasan masyarakat, kalau Bupati Dairi tidak melakukan evaluasi kinerja Pemerintahan Dairi yang sudah berjalan, Partai Demokrat akan tetap bertolak belakang dengan Pemkab Dairi demi komitmen mereka kepada masyarakat.

Baca Juga:Rapat Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tengah Malam, Nota Jawaban Bupati Dairi Dicerca Dewan

Diketahui, sebelumnya Partai Demokrat salah satu partai pengusung dan tim sukses pemenangan pasangan Bupati/Wakil Bupati Eddy-Jimmy pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) periode 2019-2024 pada tahun 2018 lalu. (manru/hm12)

Related Articles

Latest Articles