17.2 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Kasus Penipuan Libatkan Ketua BPD Asahan, Sidang Batal Digelar

Asahan, MISTAR.ID

Sidang perdana kasus dugaan perkara penipuan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kisaran, Senin (27/12/21). Sidang yang dipimpin Nelson Angkat ini dihadiri terdakwa Zulkifli Sinurat, yang merupakan Ketua Badan Pemberdayaan Desa (BPD) di Desa Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan.

Sesaat setelah membuka sidang, hakim ketua terpaksa menunda persidangan karena kuasa hukum terdakwa tidak hadir. Hakim meminta kuasa hukum terdakwa hadir pada persidangan yang diagendakan ulang dan digelar pekan depan. Dalam persidangan ini terdakwa terlihat hadir dengan status tahanan kota.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Christin Juliana Sinaga yang dikonfirmasi wartawan usai penundaan persidangan mengatakan sidang ditunda karena tidak hadirnya kuasa hukum terdakwa. “Iya, ditunda karena kuasa hukum terdakwa tidak hadir,” kata dia.

Baca Juga:PN Kisaran Sidangkan Kasus Oknum DPRD Labura Konsumsi Ekstasi di Room Karaoke

Sementara itu, dikutip dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkaran (SIPP) Pengadilan Negeri Kisaran, data umum pada nomor perkara 1114/PidB/2021/PN Kis, bahwa pada Desember 2019 lalu, terdakwa yang merupakan Ketua BPD Desa BP Mandoge menemui saksi Syafrudin Haryanto Sinurat yang merupakan Ketua Pengelola Pasar Desa di Desa BP Mandoge beberapa kali untuk meminta sejumlah uang hasil pengelolaan Pasar Desa BP Mandoge. Uang tersebut diberikan saksi kepada terdakwa untuk pengurusan pembuatan Perdes tentang Pasar Desa.

Selanjutnya pada April 2020 terdakwa kembali menemui Syafrudin Haryanto Sinurat untuk meminta uang setoran PAD Pengelolaan Pasar Desa BP Mandoge dengan alasan untuk mempercepat pembuatan Perdes tentang Pasar Desa BP Mandoge. Namun, karena sudah dua kali meminta uang, tetapi Perdes tentang Pasar Desa BP Mandoge belum juga keluar, sehingga terdakwa dilaporkan.

“Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 378 KUHPidana,” demikian bunyi isi data perkara tersebut. (perdana/hm12)

Related Articles

Latest Articles