23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Kapolres Padangsidimpuan Ingatkan Pelajar soal Bahaya Narkoba

Padangsidimpuan, MISTAR.ID
Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dudung Setyawan mengingatkan ratusan pelajar MAN 1 Padangsidimpuan mengenai bahayanya menggunakan narkotika, Rabu (17/1/24) aula sekolah setempat, Jalan Sutan Soripada Mulia.
Ia mengatakan, pada zaman canggih ini banyak pelajar terjebak dengan kenakalan remaja seperti tawuran, pencurian, dan begal. Ada juga pelecehan atau seks bebas yang membuat pernikahan dini.
Menurut kapolres, kenakalan yang disebutkannya kerap menjadi bagian dari masalah narkoba. Karena itu harus dihindari. Menurutnya, mengikuti perubahan zaman penting dan sebuah kebutuhan tetapi tidak boleh terjebak gaya hidup yang merusak masa depan.
“Hiduplah pada zamanmu gunakan itu untuk menambah pengetahuan dan sarana kebaikan,” ujarnya sembari membahas mengenai banyaknya masalah yang akan muncul ketika sudah terjebak narkoba.
Ia mengatakan, narkoba adalah obat-obatan yang bersifat adiktif serta dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental pada penggunanya jika disalahgunakan.

“Tidak hanya fisik, penyalahgunaan narkoba juga dapat menyerang mental seseorang, dengan gangguan kesehatan mental yang sekaligus kecanduan narkoba bisa menjadi penyebab buruk terhadap pola pikir dan mood serta penyebab gangguan kejiwaan,” terangnya.

“Oleh sebab itu kami berharap siswa atau pelajar agar menjauhi yang namanya narkoba, karena apabila sempat ketergantungan Zat dalam narkoba dapat memicu atau meningkatkan intensitas rasa sepi, sedih, dan putus asa. Emosi seperti ini banyak ditemukan pada pengidap depresi,” katanya mengakhiri. (asrul/hm17).

Related Articles

Latest Articles