10.7 C
New York
Monday, May 6, 2024

Kabupaten Samosir Raih WTP

Samosir, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Samosir menerima opini BPK dengan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara live video conference dari BPK Perwakilan Sumatera Utara dari ruang rapat Bappeda Samosir, Jumat (17/4/20).

Hasil opini BPK dikirimkan via email Ketua DPRD dan Bupati Samosir serta masing-masing menyampaikan, hasil telah diterima via email dari BPK Perwakilan Sumatera Utara.

Ketua DPRD dan Bupati Samosir menunjukkan hasil opini BPK tersebut yang disaksikan pihak BPK Perwakilan Sumatera Utara secara live.

Kepala perwakilan BPK Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan melalui Live video conference mengatakan opini Badan Pemeriksa Keuangan merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Walaupun penyerahan dilakukan dengan live video conferece, tidak mengurangi keabsahan penyerahan opini BPK ini. Selamat atas prestasi yang dicapai Kabupaten Samosir untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, dengan harapan hal tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Samosir,” ucapnya.

Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba, menyampaikan terima kasih kepada BPK Perwakilan Sumatera Utara yang terus bekerja di tengah-tengah wabah Covid-19.

“Kami berterima kasih atas opini BPK yang diterima Kabupaten Samosir meski melalui live video conference dari BPK Perwakilan Sumatera Utara,” ujarnya.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon juga menyampaikan terima kasih atas penyerahan opini BPK tersebut walaupun melalui live video conference sebagai realisasi anjuran social distancing dan Work From Home (WFH). Rapidin berharap wabah Covid-19 segera berakhir sehingga kegiatan dapat dilakukan sebagaimana biasanya.

“Kami berdoa kiranya keluarga besar BPK Perwakilan Sumater Utara tetap dilindungi TUHAN dalam melaksanakan tugas mulia dan jauh dari wabah Covid-19,” ujar Rapidin Simbolon.

Rapidin juga menyampaikan permohonan maafnya jika ada yang tidak berkenan ketika tim BPK Perwakilan Sumatera melakukan tugas-tugasnya di Kabupaten Samosir dan mengapreasiasi kinerja BPK yang benar-benar objektif dan akuntabel dalam memberikan opininya.

Turut dalam Live video conference tersebut Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba, Sekdakab Samosir Jabiat Sagala, Asisten II Saul Situmorang, Asisten III Lemen Manurung, Kepala Bappeda Rudi Siahaan, Kepala BPKAD Jandri Sitanggang, Inspektur Itkdakab Samosir Gomgom Naibaho dan Kepala Dinas Kominfo Samosir Rohani Bakara./c

Reporter: Josner
Editor: Mahadi

Related Articles

Latest Articles