21.9 C
New York
Saturday, May 18, 2024

Jalan Somba Debata Toba Butuh Perbaikan

Toba, MISTAR.ID

Jalan Somba Debata, yang terletak di Kelurahan Balige III, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, sudah sekian lama rusak namun belum kunjung diperbaiki.

Sejumlah lubang dari ukuran kecil, sedang hingga ukuran besar, tampak di sejumlah titik ruas jalan, yang mengancam keselamatan warga pengguna jalan saat berpapasan menggunakan kendaraan. Di samping itu jika cuaca kemarau kondisi jalan penuh debu, sementara saat musim hujan kondisi jalan berlumpur. Sehingga warga enggan untuk melintasinya.

Status Jalan Somba Debata, merupakan jalan kabupaten sebagai akses vital di pinggiran Balige dan bagi warga beberapa desa di sekitarnya.

Baca Juga:Jalan Balige 3 dan Pardede Onan Butuh Perbaikan Pemkab Toba

“Usulan perbaikan Jalan Somba Debata sudah berulang kali kami sampaikan, namun hingga kini belum mendapat perbaikan. Warga sangat menginginkan perbaikan jalan,” ujar Lurah Balige III Theresia Sitorus, Kamis (2/9/21).

Erik Siahaan, warga sekitar sangat menginginkan perbaikan jalan itu. Sebab berdampak langsung terhadapnya akibat debu jika kemarau dan lumpur saat hujan. Selain itu, kerusakan Jalan Somba Debata juga menimbulkan kemacetan.

“Rusaknya jalan itu kami duga akibat dilintasi kendaraan over tonase yang mengangkut barang ke beberapa unit usaha yang berada di sini,” ujarnya kecewa.

Baca Juga:Jalan Rusak di Galang, Anggota Dewan Desak Dinas BMBK Sumut Perbaiki

Dugaan Erik Siahaan terkait kerusakan jalan dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Toba melalui Kepala Bidang Prasarana dan Pelayanan Dinas Perhubungan Partogi Tambunan.

“Kita sudah cek ke lapangan, unit usaha yang ada di sana sudah kita peringatkan melalui surat resmi,  agar menyesuaikan kendaraan saat melintasi jalan itu. Akan kita lakukan cek ulang kembali apakah peringatan itu sudah diindahkan pemilik usaha, segera akan kita pantau ya,” ujar Partogi. (james/hm14)

Related Articles

Latest Articles