18.9 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Bupati Taput: Promosi dan Pengemasan Produk UMKM Penting Supaya Bisa Tembus Pasar Internasional

Taput, MISTAR.ID

Masa pandemi Covid-19 sebagai masa yang tak mudah untuk sektor bisnis terlebih Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, Bupati Taput Drs Nikson Nababan dan banyak pelaku usaha UMKM di Taput tidak menyerah begitu saja dengan keadaan yang tak kondusif ini.

Mereka terus berusaha melakukan terobosan sebagai upaya membantu pemulihan ekonomi di daerah itu, juga perekonomian secara nasional. Bupati Taput meninjau langsung produksi keripik home industri milik Rusmian Sitompul di Lapogambiri, Kecamatan Tarutung yang produksinya telah mencapai 3 ton per minggu, Kamis (2/9/21).

“Saya mau produk UMKM sudah mendapat label halal dan packing bagus, sehingga bisa lebih mengepakkan sayap untuk terbang lebih tinggi dan bisa dikenal dan diterima masyarakat luas hingga internasional,” ujar Bupati mengawali.

Baca Juga:Pasarkan Produk UMKM, Bupati Taput Launching Aplikasi Digital Bukkalapo Oktober Mendatang

Potensi luar biasa ini, rasanya juga sangat gurih dan renyah. “Ini harus kita kembangkan lagi dan dipromosikan. Saya hadir di sini dan melihat langsung produksinya. Ini bentuk motivasi secara langsung kepada UMKM. Mari kita kembangkan dan maju bersama,” ujar Bupati.

Di awal pandemi, Bupati Taput tetap menggandeng UMKM dalam produksi masker dan handsanitizer dari alkohol nenas, produksi wastafel (tempat cuci tangan) untuk tempat umum dan kegiatan lainnya. Juga untuk penjualan online dan promosi lewat aplikasi Bukkalapo bagi produk UMKM Taput. Juga memfasilitasi Galeri UMKM di Lobi Kantor Bupati dan juga Galeri di Sopo Partungkoan. Serta mengupayakan mesin-mesin yang diperlukan UMKM dan label halalnya.

Bupati Taput juga menjalin kerjasama dengan pasar modern dan supermarket untuk memajang produk UMKM Taput. UMKM sebagai bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga atau badan usaha ukuran kecil memiliki kontribusi atau peranan cukup besar, untuk perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja. Juga sebagai penyedia jaring pengaman terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk menjalankan kegiatan ekonomi.

Baca Juga:Bupati Taput Tinjau Kelompok UMKM Pandai Besi Sitampurung

Peran UMKM penting yang pertama adalah sebagai sarana mengentaskan masyarakat kecil dari jurang kemiskinan. Alasan utamanya adalah, tingginya angka penyerapan tenaga kerja oleh UMKM.

Turut hadir mendampingi Bupati Taput Staf Ahli Bupati bidang Administrasi Umum Donna Situmeang, Kadis Koperasi Herli Sinaga, Kabag Protokol Sasma Hamonangan dan Camat Tarutung Richard Lumbantobing, Ketua Asosiasi UMKM Taput Dedy Lumbantobing. (fernando/hm12)

Related Articles

Latest Articles