17.2 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Jalan Sabungan Nihuta Sipahutar Tapanuli Utara Kupak-kapik

Taput, MISTAR.ID

Kondisi Jalan di Desa Sabungan Nihuta I, Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) kupak-kapik dan butuh perhatian pemerintah. Kondisi jalan yang sangat memprihatinkan ini sudah lama dikeluhkan warga.

Desa Sabungan Nihuta I merupakan satu dari 25 desa di Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara, yang terbagi tiga dusun. Dusun Sabungan Ni Huta berpenduduk 265 jiwa, Sibongis berpenduduk 238 jiwa, dan Ambar Salengkat 594 jiwa. Pertanian, merupakan potensi andalan dari desa itu.

Seorang warga Kecamatan Sipahutar Bahary Simanjuntak mengatakan, Sabungan Nihuta I memiliki luas wilayah kurang lebih 800 ha. Desa tersebut berbatasan dengan beberapa desa. Sebelah Utara bebatasan dengan Desa Sabungan Nihuta II dan Desa Tapian Nauli II. Di sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Onan Runggu II dan Onanrunggu IV. Di sebelah Tenggara, bebatasan dengan Desa Tapian Nauli I dan desa Tapian Nauli II, di sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sipahutar I dan Sipahutar II.

Lanjut Bahary, melihat dari kondisi jalan yang begitu memprihatikan, masyarakat Kecamatan Sipahutar meminta kepada Pemkab Taput agar memberi perhatian serius dengan perbaikan ruas jalan itu dengan segera.
Apabila dalam waktu dekat tidak diperbaiki, maka masyarakat akan kewalahan dalam mengangkut hasil pertanian.

Kepala Desa Sabungan Nihuta I, Peris Lamhot Simanjuntak, kepada wartawan di kantornya mengatakan, ruas jalan tersebut satu-satunya ruas yang menghubungkan ke ibukota kecamatan dan juga menuju jalan kabupaten.

“Saya sebagai kepala desa dan masyarakat Desa Sabungan Nihuta I, meminta kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara agar segera memperbaiki jalan tersebut dan juga kepada bapak anggota dewan dari dapil IV, supaya sesegera mungkin menganggarkan perbaikan jalan tersebut,” harapnya.

Reporter: Dedy

Editor: Mahadi

Related Articles

Latest Articles