22.4 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Inilah Abang dan Puan Duta Pariwisata Asahan 2023

Asahan, MISTAR.ID

Enam pemuda dan pemudi dinobatkan sebagai Duta Pariwisata Asahan 2023 yang ditutup Kamis (10/8/23) malam. Sebelumnya ajang ini diikuti sebanyak 27 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Asahan.

Ketua Panita Pelaksana Muhammad Idris Hasibuan kepada wartawan, Jumat (11/8/23) mengatakan, peserta Duta Pariwisata Asahan tahun 2023 merupakan pemuda putra-putri yang berdomisili di Kabupaten Asahan dengan rentang usia 17 hingga 24 tahun dan terdiri dari 15 orang peserta putri dan 12 orang peserta putra.

“Kemudian dilakukan proses seleksi berkas sejak Juni lalu hingga ujian tertulis dan wawancara,” ujarnya.

Para peserta duta pariwisata ini diminta untuk menunjukkan kemampuan personal mereka dan pengetahuan seputar Kabupaten Asahan. Dari seluruh peserta, 10 di antaranya terpilih sebagai finalis Duta Pariwisata Asahan 2023.

Baca Juga: Jalan Penghubung Kabupaten Asahan dan Simalungun Nyaris Putus, Upaya Perbaikan Belum Ada

“Sepanjang masa finalis ini mereka ikut pembekalan yang difasilitasi Pemkab Asahan melalui Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata,” ujar Idris.

Para peserta kemudian mengikuti sejumlah kegiatan pelatihan dan bimbingan dari berbagai narasumber mulai dari instansi pemerintahan, praktisi, hingga akademisi yang berkompeten.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Witoyo menyebutkan pemerintah kabupaten sangat mendukung pelaksanaan ajang ini sebagai salah satu bentuk marketing tourism di Kabupaten Asahan.

Baca Juga: Anggota DPR RI Puji Pagelaran Seni Budaya Daerah di Asahan

“Ajang pemilihan Duta Pariwisata Kabupaten Asahan bukan sekedar menampilkan keindahan fisik, kecantikan dan ketampanan semata, namun diharapkan para duta tersebut juga memiliki kecerdasan, jiwa sosial, serta memiliki wawasan tentang kepariwisataan dan kebudayaan,” katanya.

Di samping itu, ia meminta Duta Pariwisata Asahan menjadi tauladan dan panutan di tengah-tengah masyarakat khususnya bagi generasi muda, baik dalam bertindak, berbuat, bertingkah laku maupun bertutur kata.

Kepada para finalis, ia juga meminta agar piawai dalam mempromosikan daerah, terutama potensi, destinasi, produk pariwisata dan program kepariwisataan andalan Kabupaten Asahan agar semakin berkembang.

Berikut para pemenang Duta Pariwisata Asahan tahun 2023:

Abang Duta Pariwisata 2023, Rifqi Syuja Marpaung
Abang Wakil I Duta Parawisata Muhammad Syukri
Abang Wakil II Duta Parawisata Ilyas Imade Permata Gusti

Puan Duta Parawisata: Adinda Mutiara
Puan Wakil I Duta Parawisata Aulia Fitra Mahendra
Puan Wakil II Duta Parawisata Pinkan Azahra
(Perdana/hm22)

Related Articles

Latest Articles