10.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Horas Canberra di Australia Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Covid-19 di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Horas Canberra yakni perkumpulan masyarakat Sumatera Utara (Sumut) yang tergabung di organisasi Horas Canberra yang berdiam di ibukota Australia, Canberra menyalurkan bantuan untuk warga Sumut yang terdampak Covid-19.

Bantuan ini sudah yang kedua kalinya diberikan Horas Canberra yang tergerak untuk membantu saudaranya di kampung halaman. Djasamen Saragih, salah seorang warga Medan yang kini bermukim di Canberra, Australia melalui WhatsAppnya mengatakan, mereka mengumpulkan dana untuk disumbangkan ke warga yang paling terdampak Covid-19.

“Setelah bantuan ini dikumpulkan, maka kami kirimkan ke teman yang ada di Kota Medan untuk membelikan sembako dan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Djasamen yang juga mantan staf Konsulat Amerika Serikat di Medan tahun 1990-an pada akhir pekan ini.

Baca Juga:Ilmuwan Australia Kembangkan Alat Deteksi Wabah Penyakit Melalui AI dan Media Sosial

Menurutnya, walau sumbangan itu nilainya tak seberapa, namun setidaknya bisa ikut membantu warga kampung halaman di Sumut. “Kami belum bisa datang ke Medan. Tapi sumbangan kami bisa mengobati rindu,” ungkap Djasamen yang pernah menjadi Direktur Yayasan Pengembangan Persahabatan Indonesia Amerika (YPPIA) Medan itu.

Ia mengatakan, setelah Kota Pematangsiantar yang pertama kali disalurkan bantuan sembako, kali ini giliran Kota Medan mendapat sentuhan persaudaraan dari anggota perkumpulan masyarakat Sumatera Utara yang berdiam di Ibukota Australia. “Bahkan warga setempat ada juga yang berempati dan dengan senang hati turut berkontribusi meringankan beban saudara-saudara kita yang terdampak situasi pandemi saat ini,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua perkumpulan Horas Canberra, Lasma Sinaga mengatakan paket sumbangan pangan tersebut dibagikan kepada mereka yang betul-betul membutuhkan. Terutama agar dapat sedikit membantu anak-anak masyarakat kecil yang orang tuanya mungkin kehilangan pekerjaan disebabkan situasi pandemi yang sedang menimpa dunia saat ini.

Baca Juga:Cegah Penyebaran Covid-19, Disdik Siantar Terima Bantuan APD dan Vitamin

Organisasi Horas Canberra yang anggotanya terdiri dari berbagai suku/etnis dan agama berasal dari Sumut ini, dibentuk tahun 2008 atas prakarsa dari beberapa masyarakat Indonesia yang berdomisili di kota ini dan sudah membaur dengan masyarakat setempat.

Tujuan utama didirikannya organisasi ialah bersifat sosial dan budaya yang secara berkala memperkenalkan seni budaya Sumatera Utara kepada masyarakat Australia. “Semoga bantuan sembako berupa beras, minyak goreng, gula pasir dan mie instan tersebut menjadi berkah,” ungkap Djasamen. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles