22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Hati-hati! Pekan kedua November Terjadi 11.640 Kali Sambaran Petir di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Aktivitas petir pada pekan kedua November atau periode 9-15 November 2020 di wilayah Sumatera Utara, berdasarkan rekaman peralatan Lightning Detector di Stasiun Geofisika terjadi sebanyak 11.640 kali sambaran petir.

Jumlah itu meningkat dibandingkan dengan pekan sebelumnya yang berjumlah 7.016 kali (sambaran petir),” kata Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Teguh Rahayu di Medan, Senin (16/11/20).

Klasifikasi tingkat sebaran petir di Sumatera Utara dibagi menjadi tiga kategori, yaitu dengan kategori rendah, sedang, dan tinggi.

Baca Juga:Ngeri! Main Hp Sambil Jaga Adik Tidur di Ayunan, Pelajar SD Tewas Disambar Petir

Dari hasil rekaman lightning detector, pada periode satu pekan ini, daerah dengan kategori sambaran petir tinggi berada di daerah Serdang Bedagai.

Sedangkan daerah yang memiliki kategori sambaran petir sedang berada di daerah Kabupaten Asahan, Batubara, Deli Serdang, Karo, Langkat, dan Simalungun.

Sambaran petir dengan kategori rendah berada di wilayah Binjai, Dairi, Gunungsitoli, Humbang Hasundutan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Medan, Nias, Nias Barat.

Baca Juga:Disambar Petir di Ladang, Restiorina Boru Purba Meninggal

Kemudia Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas, Padanglawas Utara, Padangsidempuan, Pakpak Bharat, Pematangsiantar, Samosir, Sibolga, TanjungBalai, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tebing Tinggi, dan Toba Samosir.

“Kepada masyarakat yang berada di wilayah dengan tingkat intensitas petir sedang dan tinggi kami imbau untuk berhati-hati ketika berada di luar rumah, di atas gedung, dekat tower dan pepohonan,” katanya.(antara/hm01)

Related Articles

Latest Articles