21 C
New York
Friday, May 3, 2024

Hari Kesaktian Pancasila di Bandar Betsy, Pangdam I/BB: Jangan Ada Lagi Pengkhianat Bangsa

Simalungun, MISTAR.ID

Ribuan orang terdiri dari unsur TNI, Polri, kalangan pegawai pemerintahan, pelajar, mahasiswa, ormas dan dari berbagai elemen masyarakat, berkumpul di Lapangan Tugu Letda Sujono, Bandar Betsy, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun, Sabtu (1/10/22) pagi.

Kehadiran ribuan manusia itu untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2022. Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut, Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin SE MSi, bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Perwira Upacara adalah Kasi Pers Korem 022/PT Letkol Caj Bengkel Barus SPd dan Komandan Upacara Danyonif 122/Tombak Sakti Letkol Inf Antony Tri Wibowo.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu juga dihadiri Komandan Korem (Danrem) 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief SIP. Upacara Hapsak Pancasila yang diperingati di lokasi perkebunan tersebut adalah untuk mengenang kepahlawanan Letda Sujono saat terjadinya tragedi Bandar Betsy pada masa perjuangan dulu.

Baca Juga:Korem 022/PT Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin dalam amanatnya berpesan, jangan ada lagi pengkhianatan kepada bangsa seperti peristiwa gerakan 30 September 1965 silam. “Untuk itu diimbau kepada seluruh rakyat untuk menjaga martabat kebangsaan,” ujar Pangdam.

Pangdam l/BB juga mengingatkan segenap rakyat Indonesia, agar kejadian tersebut tidak boleh lagi lahir di Indonesia pada masa mendatang. Untuk itu, lanjut Pangdam I/BB, seluruh rakyat harus menjaga bangsanya, agar selalu tetap bermartabat, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. “Mari kita doakan bangsa kita ke depan lebih sejahtera, sehingga tidak ada lagi yang bisa mengganggu,” terang Pangdam.

Selesai upacara, dilanjutkan peletakan karangan bunga di Tugu Kesaktian Pancasila tersebut oleh rombongan Pangdam I/BB. Sebagaimana kita ketahui, Letda Sujono adalah seorang pahlawan nasional yang gugur mempertahankan kedaulatan NKRI. Kegiatan dilanjutkan, penyerahan bingkisan dan bantuan kepada keluarga almarhum Letda Sujono.

Baca Juga:Kapolres dan Wali Kota Tebing Tinggi Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Selain Pangdam I/BB, peringatan Hapsak Pancasila juga dihadiri Kasdam I/BB, Dan Lantamal, Danlanud, Ketua DPRD Sumut, para Asisten Kasdam l/BB, Danrem 022/PT, Danrindam l/BB, Dandim 0207/SML, Kapolres Simalungun, Wali Kota Pematang Siantar, Bupati Simalungun, Forkopimda Sumut dan Forkopimda Simalungun.(maris/hm15)

Related Articles

Latest Articles