25.7 C
New York
Monday, June 24, 2024

Gubsu Ajak Gaikindo Buka Pabrik Otomotif

Medan | Mistar – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi mengajak pengusaha industri otomotif untuk membangun pabrik atau industri perakitan kendaraan bermotor di Sumut. Pemrov Sumut sendiri menjamin ketersediaan lahan, perizinan dan keamanan jika ada yang mau berinvestasi di daerah ini.

“Kita masih memiliki lahan yang luas. Bisa digunakan untuk membangun pabrik,” kata Edy di sela-sela pembukaan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Medan 2019, Rabu (23/10/19).

Dia mengungkapkan, saat ini, lahan seluas 2.000 hektar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei bisa digunakan untuk membangun pabrik otomotif. Lahan seluas itu bisa dibangun dua hingga tiga pabrik.

“Kami akan berikan kemudahan baik perizinan atau lainnya serta jaminan keamanan,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan masuknya investasi otomotif di Sumut, otomatis akan membantu perkembangan ekonomi di Sumut. Selain tenaga kerja yang diserap akan banyak, pendapatan pajak daerah dari sektor otomotif juga pasti meningkat.

Dia mencontohkan, saat ini, ada sekitar 3.000 unit mobil baru yang beredar di Sumut tiap bulan. Jika pajak kendaraan baru rata-rata Rp 20 juta per unit, maka pendapatan pajak daerah diraup bisa mencapai Rp 60 miliar per bulan. Tentu ini angka yang cukup besar.

Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara mengungkapkan, saat ini tren pertumbuhan industri otomotif nasional mulai bergeser ke provinsi-provinsi. “Tren pertumbuhan industri otomotif Indonesia menunjukkan pergerakan positif, yang sebelumnya terfokus, saat ini sudah mulai merata ke daerah,” katanya.

Menurutnya, kehadiran GIIAS 2019 di Medan akan menjadi langkah tepat untuk terus memaksimalkan potensi yang dimiliki Medan. Kukuh menambahkan berdasarkan data yang dirangkum Gaikindo, Sumut saat ini berada di posisi tujuh dalam pencapaian pertumbuhan penjualan domestik Indonesia periode 2012-2018.

Dia berharap dengan kehadiran langsung dari merek-merek global anggota Gaikindo pada GIIAS Medan 2019, akan dapat memberikan semangat positif bagi para pelaku industri otomotif di Sumut.

Penulis : daniel

Editor : Edrin

Related Articles

Latest Articles