19.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Gempa Bumi Tektonik 3,8 Magnitudo Guncang Wilayah Taput

Medan, MISTAR.ID

Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Tapanuli Utara (Taput), Minggu (18/12/22). Gempa yang terjadi pukul 23.55 WIB itu tercatat berkekuatan 3,8 Magnitudo.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan menyatakan episenter gempa terletak pada koordinat 2.09 LU dan 98.94 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km Barat Laut, Taput, Sumut, pada kedalaman 1 Km.

“Dengan memperhatikan episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Renun,” ujar Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho dalam keterangan resminya yang diterima Mistar, Senin (19/12/22) pagi.

Baca juga:BPBD Sumut: 1.278 Rumah dan 72 Tempat Ibadah Rusak Akibat Gempa Taput

Guncangan gempa dirasakan di Sipoholon dan Tarutung – Tapanuli Utara dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk lewat).

“Gempa ini masih termasuk dalam rangkaian gempa susulan dari gempa utama Tapanuli Utara 5,8 Magnitudo pada 1 Oktober 2022 lalu,” ucapnya.

Baca juga:Polda Sumut Kirim Bantuan Bahan Material ke Korban Gempa Taput

Hendro mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tukasnya. (ial/hm06)

 

 

Related Articles

Latest Articles