17.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

Gempa 4,7 Magnitudo Guncang Wilayah Kabanjahe Kabupaten Karo

Karo, MISTAR.ID
Gempa bumi tektonik guncang wilayah Kabanjahe Kabupaten Karo, Kamis (27/4/23) malam. Berdasarkan hasil analisa BMKG, gempa yang terjadi pukul 21.56 WIB tersebut berkekuatan 4,7 Magnitudo.

Kepala BMKG wilayah I Medan Hendro Nugroho mengatakan, episenter gempa terletak pada koordinat 3.02 LU dan 98.49 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9 Km Barat Daya, Kabupaten Karo, Sumut pada kedalaman 5 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi Dangkal akibat aktifitas sesar lokal,” ujarnya.

Baca Juga:Gempa Kuat Sekejap, Warga Dairi Spontan Berhamburan Keluar Rumah

Gempa bumi ini dirasakan di daerah Jahe, Munte, Kabupaten Karo dengan skala intensitas III-IV MMI (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu gemerincing dan dinding berbunyi).

Gempa juga dirasakan di Sidikalang Kabupaten Dairi, STM Hulu dan STM Hilir Deli Serdang dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan beberapa orang, benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca Juga:Dua Gempa Bumi Beruntun Guncang Wilayah Aceh Jaya Hari ini

“Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” ucap Hendro.

Hendro juga memastikan hingga pukul 22.35 WIB, hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ucapnya.(ial/hm10)

Related Articles

Latest Articles