22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Event F1 Powerboat, Okupansi Hotel di Kawasan Danau Toba Naik 100 Persen

Medan, MISTAR.ID

Menjelang event Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 atau F1 Powerboat (F1H2O) yang akan digelar di Balige, Kabupaten Toba pada 24-26 Februari 2023, tingkat hunian atau okupansi hotel di wilayah Danau Toba naik 100 persen. Terutama pada hotel bintang lima yang disebut sudah penuh.

“Apalagi di hari H juga sudah full, terutama pada hotel terkemuka yakni bintang 5, salah satunya Hotel Niagara, Hotel Khas Parapat  dan lainnya. Nah, untuk yang di bawah ini juga rata-rata sudah full,” kata Rahimal K Noor, Sekretaris BPC PHRI Simalungun yang juga Koordinator wilayah Toba BPD PHRI Sumut pada mistar.id, Senin (20/2/23).

Memang disebutkannya, event yang diadakan di Balige itu membuat kapasitas hotel tidak cukup. Diprediksi akan dihadiri 5.000 -7.000 pengunjung, bahkan  bisa lebih. “Apalagi minat penonton juga pasti lebih. Memang tidak bisa menampung semua,” katanya.

Baca Juga:F1H2O di Toba, Kadis Pendidikan: Murid SD dan SMP Belajar dari Rumah

Disebutkannya terdapat 2.451 kamar di sekitar Danau Toba, meliputi Kabupaten Toba, Simalungun, Samosir dan Humbang Hasundutan. Rinciannya adalah 2.204 kamar hotel dan 247 kamar home stay di Toba. Dari jumlah tersebut, Kabupaten Toba menyediakan hotel dengan 1.024 unit kamar dan 247 home stay. Jumlah lainnya di Simalungun 796 kamar, Samosir 286 kamar dan Humbahas 98 kamar.

“Hanya saja karena belum semua perhotelan yang ada di wilayah tersebut ikut bergabung dalam asosiasi, sehingga masih ada data yang belum terekrut,” bebernya.

Terpisah, Ketua PHRI Sumut Denny Wardhana mengatakan pihaknya sangat mendukung agenda seperti ini. Otomatis daerah Toba semakin banyak yang mengetahui dan otomatis UMKM dan pelaku hotel dan restoran juga meningkat. “Kita sudah lakukan rapat dengan Kementerian Pariwisata dan dinas terkait di daerah. Mereka meminta kita tetap jalankan protokol kesehatan. Juga menyambut tamu dengan baik, tidak menaikkan harga di luar kewajaran,” pungkasnya.(anita/hm15)

Related Articles

Latest Articles