21.1 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Dua Individu Macaca yang Dievakuasi dari Warga akan Dilepasliarkan di SM Kasar Gading

Medan, MISTAR.ID

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara (Sumut) mengevakuasi dua ekor satwa dilindungi, Senin (19/9/22) lalu. Dua individu Macaca itu diamankan dari rumah warga di Dusun Pekan Hitam Baru, Kecamatan Marike, Kabupaten Langkat.

Rencananya, hewan primata sejenis monyet dari famili Cercopithecidae tersebut akan dilepasliarkan ke kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kasar Gading dan Langkat Timur dalam waktu dekat.

“Pelepasliaran direncanakan bersamaan dengan beberapa primata lainnya yang saat ini sedang direhabilitasi di fasilitas Yayasan Scorpion Indonesia,” ujar Kepala Subbag Data, Evlap dan Kehumasan BKSDA Sumut Andoko Hidayat, Minggu (25/9/22).

Baca juga:BKSDA Sumut Temukan Jerat yang Mengancam Keberlangsungan Satwa Liar di Kawasan CA Sipirok

Andoko memastikan kawasan SM Kasar Gading dan kawasan Langkat Timur merupakan habitat alami primata berbadan tegap dan bagian bawah tubuh berwarna merah, serta memiliki ekor panjang tersebut.

“Pelepasliaran diharap dapat membantu regenerasi hutan melalui penyebaran biji dari feses dan sisa makanan yang diproduksi oleh Macaca itu sendiri,” katanya.

Andoko menyebutkan, dievakuasinya dua Macaca itu berawal dari informasi akan adanya warga yang akan melakukan penyerahan. Petugas Seksi Konservasi Wilayah II Stabat melalui lembaga mitra kerjasama Yayasan Scorpion Indonesia dan Komunitas Peduli Leuser (KPL) kemudian mendatangi rumah tersebut.

“Kedua satwa dilindungi itu kemudian dievakuasi sementara di tempat rehabilitasi yang dikelola Yayasan Scorpio Indonesia untuk diobservasi terlebih dahulu,” ucapnya.

Sekadar informasi, Macaca cukup populer dan mudah dijumpai terutama di daerah kepulauan dengan iklim tropis. Di beberapa daerah di Indonesia, Macaca yang biasa disebut Monyet Ekor Panjang itu memiliki nama lain.

Baca juga:Enam Bulan Dipelihara, Warga Bandar Baru Serahkan Siamang ke BKSDA Sumut

Di Bali, hewan ini disebut Bojog. Sementara di Jawa lebih dikenal dengan sebutan Kethek atau Munyuk. Di daerah Sunda, Macaca akrab disebut Monyet, Kunyuk atau Onces.

Saat dewasa Macaca mempunyai panjang tubuh sekitar 38-55 cm ditambah ekor sepanjang 40-65 cm. Berat tubuh Long-tailed Macaque iti berkisar antara 5-9 kg untuk jantan dan 3-6 kg untuk monyet betina. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles