20.3 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

DKP Sergai Serahkan 2 Unit Perahu pada Nelayan, Ini Harapan Bupati

Sergai, MISTAR.ID

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menyerahkan dua unit perahu/kapal ukuran 1 GT (1 Grosstone) kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Haluan Baru di Desa Sentang, Kecamatan Teluk Mengkudu.

Saat ditemui Mistar di ruang kerjanya, Selasa (27/9/22), Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DR Claudia Evinta Siregar menyampaikan, bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2022 sebanyak 2 unit perahu/kapal. Selain perahu/kapal, bantuan juga berupa 6 unit jaring mata 100 dan GPS sebanyak 2 unit.

“Bantuan tersebut kita serahkan kepada KUB Haluan Baru yang berada di Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu sebanyak 2 unit yang bersumber dari dana DAK tahun anggaran 2022. Selain itu, kita juga menyerahkan 6 unit jaring mata 100 dan 2 unit GPS. Bantuan tersebut kita serahkan, Senin (26/9/22) yang lalu,” ungkap Claudia.

Baca Juga:16 Bungkus Sabu Tak Bertuan Ditemukan di Atas Sampan Nelayan di Asahan

Bantuan tersebut diharapkan bermanfaat bagi para penerimanya dan meningkatkan perekonomian masyarakat sebagai penerima manfaat.

Sebelumnya saat menyerahkan bantuan tersebut Bupati Sergai H Darma Wijaya melalui Asisten II Azis Siregar menyampaikan, saat ini sebanyak 10.283 jiwa masyarakat di Kabupaten Sergai berprofesi sebagai nelayan.

Dimana 8.413 adalah nelayan penuh yang menggantungkan hidupnya dari profesi nelayan dan 1.870 merupakan nelayan sambilan.

Penyerahan kapal/perahu 1 GT sebanyak 2 unit ini merupakan program dalam pengembangan kapasitas nelayan kecil. Oleh karena itu bantuan kapal penangkap ikan ini bisa membawa peningkatan ekonomi terhadap usaha perikanan yang mereka lakukan.

“Semoga bantuan yang diserahkan dapat bermanfaat dalam meningkatkan produktivitas usaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” kata Azis Siregar. (boby/hm12)

Related Articles

Latest Articles