10.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Dinding Jembatan Sigeokgeok Roboh, Butuh Perhatian Pemerintah

Toba, MISTAR.ID

Jembatan Sigeokgeok yang berada di jalan lintas Sumatera (Jalinsum), Desa Lumban Gaol Kecamatan Balige Kabupaten Toba sepertinya luput dari perhatian pemerintah.

Kondisi fisik dinding pembatas jembatan itu sudah lama roboh dan menimpa sejumlah jaringan pipa yang berada di bawahnya. Beruntung masih ada beberapa pipa yang menahannya sehingga tidak langsung jatuh ke sungai.

Pengakuan Kelly Tambunan (52) warga Dusun Sisandi Desa Baruara yang kesehariannya melintas dari jembatan tersebut, menduga dinding jembatan itu ditabrak truk pada malam hari.

Baca Juga: Bertahun Jalan Rusak, Warga Jalan Sanggup Ketaren Siantar Mengeluh

“Kami juga bingung sampai sekarang belum ada perhatian pemerintah untuk memperbaikinya,” ujarnya nada kesal sembari mengatakan, kerusakan tersebut sudah ada sekitar 6 bulan.

Warga desa yang sama, Gomgom Tambunan juga menyampaikan kekesalannya kenapa jembatan itu sampai sekarang belum juga diperbaiki.

Padahal tiap hari banyak pejabat pemerintahan yang melintasinya. “Apakah mereka tidak bisa mengusulkannya untuk diperbaiki,” cetus Gomgom.

Baca Juga: Jembatan Lumbansoit Rusak Parah, Bupati Taput Menunggu Perhatian Menteri PUPR RI

Mereka mengaku sangat khawatir sewaktu waktu para pengguna jalan yang kurang hati-hati bisa tercebur ke sungai di bawah jembatan itu.

Pantauan Mistar, Sabtu (4/9/20), terlihat kondisi dinding jembatan sudah roboh dan namun tertahan oleh beberapa jaringan pipa di bawahnya, termasuk jaringan pipa PDAM Tirtanadi yang sedikit bocor diduga akibat hempasan keras dinding jembatan yang roboh dan jatuh.

Staf Dinas PUPR Kabupaten Toba J.Butarbutar ketika dikonfirmasi, menjelaskan, persoalan jalan dan jembatan itu adalah gaweannya pihak PUPR Provinsi Sumuatera Utara. Namun untuk perawatan diakuinya ada bidang di Kabupaten Toba.(james/hm02)

 

 

Dinding jembatan Sigeokgeok yang roboh.(foto:james/hm02)

Related Articles

Latest Articles