17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Dihadiri Bupati Batu Bara, DPRD Paripurna Penyampaian Pokir

Batu Bara, MISTAR.ID

Anggota DPRD Batu Bara menggelar rapat paripurna penyampaian pokok-pokok pikiran (Pokir) dewan di ruang rapat paripurna, Selasa (21/7/20).

Rapat paripurna dilaksanakan setelah dewan membahas Kebijakan Umum APBD serta Prioritas dan Platform Anggaran Sementara (KUA PPAS) tahun 2020.

Rapat dengar pendapat dan hasil kunjungan komisi ke lapangan tersebut, dihadiri Bupati Batu Bara Zahir. Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Batu Bara Syafrizal, mendengarkan penyampaian Pokir dari 3 komisi di dewan.

Baca Juga: Walau Berada di Lantai 2, Ruangan Sidang Paripurna DPRD Samosir Kebanjiran Air Hujan

“Pokok-pokok pikiran DPRD ini adalah kajian permasalahan pembangunan daerah yang diperoleh dewan berdasar daftar permasalahan dari hasil Pembahasan KUA-PPAS, rapat dengar pendapat dan hasil kunjungan komisi ke lapangan yang terkait tupoksi dewan,” papar Syafrizal.

Disebutkan, pokok-pokok pikiran tersebut telah dikaji dan difinalisasi dalam KUA-PPAS yang diserahkan DPRD Batu Bara pada 13 Juli 2020.

Ditambahkannya, pokok-pokok pikiran ini menjadi pedoman dan acuan dalam penyusunan rencana kerja Pemkab Batu Bara tentang Perubahan Anggaran P-APBD  Tahun 2020.

Baca Juga: 19 Anggota DPRD Absen, Sidang Paripurna LKPj APBD Pemko Siantar 2019 Ditunda

Diingatkan politisi Partai Gerindra tersebut bahwa pokok-pokok pikiran DPRD tersebut memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis dalam proses perencanaan pembangunan Kabupaten Batu Bara.

Bupati Batu Bara Zahir pada sambutannya mengapresiasi hasil reses yang disampaikan secara tertulis.

“Satu hal pokok yang disampaikan adalah karena keterbatasan anggaran, tidak semua usulan dari pokok-pokok pikiran DPRD ini dapat diakomodir dalam APBD,” ujar bupati.

Baca Juga: Bupati Batubara Minta Kades Jaga Kondusifitas

Fokus utama, lanjut bupati, adalah prioritas program dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) merupakan dokumen perencanaan Kabupaten Batu Bara Tahun 2016 – 2021.

Menjawab wartawan, Ketua Komisi I DPRD Batu Bara Azhar Amri mengaku puas meski tidak seluruh Pokir yang disampaikan tidak terakomodir.

“Meski tidak seluruhnya (diakomodir) kita puas karena sebagian besar Pokir kita diakomidir Pemkab Batu Bara”, ucap politisi PBB tersebut.(ebson/hm02)

 

 

 

 

Related Articles

Latest Articles