15.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Difasilitasi Dinkes Provsu, Batu Bara Gelar Seminar Transformasi Sistem Kesehatan

Batu Bara, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) memfasilitasi Dinkes Kabupaten Batu Bara untuk menggelar seminar Transformasi Sistem Kesehatan, Selasa (15/8/23) di Singapore Land Sei Balai.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Batu Bara Abdul Fuad Helmi menjelaskan kegiatan kali ini menitikberatkan pada pembinaan Pokjanal Posyandu (Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu).

“Mengikuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2007, Pokjanal Posyandu berfungsi untuk pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan Posyandu,” ucap Fuad.

Abdul Fuad Helmi juga menjelaskan komitmen Kemenkes untuk melakukan perubahan sistem kesehatan dengan 6 pilar penopang kesehatan Indonesia.

Baca juga: Meriahkan HUT RI ke-78, Dinas Kesehatan Deli Serdang Gelar Berbagai Lomba

“Mengikuti Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Bidang Kesehatan ada 5 langkah yang akan ditempuh Dinkes Kabupaten Batu Bara,” terang Fuad.

Lebih lanjut Fuad menjelaskan, langkah yang pertama kali diambil adalah peningkatan kesehatan ibu dan anak, KB dan Kesehatan Reproduksi. Kedua, mempercepat perbaikan gizi masyarakat. Ketiga, memperbaiki pengendalian penyakit.

Kemudian langkah keempat menggelorakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan kelima memperkuat sistem Kesehatan, pengendalian obat dan makanan.

Related Articles

Latest Articles