24.2 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Di Sumut, Terkonfirmasi Covid-19 Bertambah 130, Pasien Sembuh Bertambah 81 Orang

Medan, MISTAR.ID

Update terbaru pasien terkonfirmasi Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) kini berjumlah 5.820 orang. Berdasarkan jumlah ini, tercatat penambahan sebanyak 130 orang dalam sehari. Sedangkan untuk pasien sembuh juga meningkat sebanyak 81 orang dan tercatat sebanyak 2.739 yang sembuh dari infeksi Covid-19.

Hal ini dikatakan juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah, Selasa (18/8/20).

Menurut Aris, masih terjadinya penyebaran virus corona, lantaran banyaknya masyarakat disekitar yang belum menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Sebab banyak yang belum disiplin dan konsisten menggunakan masker, sehingga ini menjadi salah satu penyebab kasus terus terjadi.

Baca Juga: Disaksikan Presiden, Indonesia Uji Coba Perdana Vaksin Covid-19

“Kami mengingatkan untuk mengendalikan sebaran ini. Kuncinya ada pada kita, untuk itu kita harus yakin menggunakan masker, dan harus dilakukan walaupun berada di tengah-tengah orang yang kita kenal. Karena kesalahan justru terjadi di tempat seperti itu, sebab kita tidak tahu siapa yang sudah terkena dan siapa yang membawa virus ini di sekitar kita,” jelasnya.

Adapun penambahan kasus ini tercatat di wilayah  Kota Medan bertambah 65 kasus, Siantar 3 kasus, Binjai 2 kasus, Tebing tinggi 3 kasus, Sibolga 1 kasus, Deliserdang 9 kasus, Langkat 3 kasus.

Kemudian Karo 5 kasus, Simalungun 5 kasus, Asahan 1 kasus, Tapanuli Utara 3 kasus, Tapanuli Tengah 8 kasus, Dairi 3, Toba 7 kasus, Sergai 1 kasus, Padang Lawas 1 kasus, Labuhan Batu Utara 2 kasus, dan luar Sumut 6 kasus.

Baca Juga: Alasan Calon Vaksin Corona China Diuji di Indonesia

Sedangkan pasien sembuh 81 orang terbanyak di Kota Medan 29 orang, Siantar 1 orang, Tebing Tinggi 1 orang, Padang Sidempuan 1 orang, Deliserdang 4 orang, Karo 1 orang, Asahan 1 orang, Tapanuli Tengah 39 orang, dan Luar Sumut 4 orang.

“Sementara untuk pasien ada delapan orang, di mana Medan ada enam orang, Sergai dan Gunung Sitoli masing-masing satu orang. Untuk suspek ada 573 orang, sedangkan spesimen ada 30.256 sampel,” pungkasnya. (anita/hm02)

 

 

 

Related Articles

Latest Articles