13.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Usai Panen Padi di Deli Serdang, Pj Gubsu Pastikan Stok Beras di Sumut Aman

Deli Serdang, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Hassanudin didampingi  Bupati Deli Serdang,HM.Ali Yusuf Siregar melakukan panen padi di Desa Wonosari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (27/2/24).

Saat panen, Pj Gubsu Hassanudin memastikan, hingga saat ini stok beras di Sumut masih aman. Bahkan panen padi juga tidak terganggu dan tepat waktu.

“Sumut secara data, kita tercukupi dan surplus ketersediaan pangan, sehingga waktu tanam kita tepat waktu. Panen pun sekarang bisa terlaksana,” kata Pj Gubsu usai panen.

Dijelaskannya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pun melakukan berbagai intervensi demi menjaga ketersediaan pangan di tengah masyarakat. Mulai dari menyiapkan pasar murah, hingga bersinergi dengan pihak terkait mengawal dan mengawasi jalur distribusi.

Baca juga: Stok Beras di Ritel Modern Kosong, Mendag Imbau Warga Beli Beras Bulog

Memang, tambah Hassanudin, secara nasional ketersediaan stok beras mengalami tekanan. Di mana Pemerintah Indonesia pun telah memprediksi bulan Januari-Maret 2024, stok beras akan mengalami tekanan karena adanya El nino. Namun Sumut, tidak terdampak langsung El nino.

Untuk itu, Hassanudin juga mengajak para kepala daerah melaksanakan monitoring ketersediaan beras di daerahnya masing-masing.

“Khusus di Sumut, saya ajak kepala daerah melaksanakan dan monitoring ketersediaan bagaimana agar stok pangan terkendali,” papar Hassanudin.

Sebelumnya, Bupati Deli Serdang,HM.Ali Yusuf Siregar menegaskan, pertanian merupakan tulang punggung perekonomian Kabupaten Deli Serdang. Hal ini dibuktikan dari luas lahan pertanian yang ada. Pada lahan sawah, Kabupaten Deli Serdang memiliki luas sekitar 30.546 hektar, dengan total produksi padi 533.088 ton per tahun 2023.

Dari total luas tersebut, 2.730 ha berada di kecamatan Tanjung Morawa, dengan total produksi padi sebesar 41.513 ton per tahun 2023. Terdapat juga 1.931 kelompok tani di Kabupaten Deli Serdang dan 133 di antaranya berada di kecamatan Tanjung Morawa.

Baca juga: Stok Beras Toko Ritel Modern di Siantar Mendadak Langka Jelang Pemilu

Menurut Yusuf Siregar,Deli serdang sendiri telah banyak memberikan kontribusi pada hasil pertanian, khususnya padi di Sumatera Utara. Dan menjadikan kabupaten ini sebagai salah satu lumbung pangan di Provinsi Sumatera Utara.

“Terima kasih kepada para petani atas dedikasi dan semangatnya dalam menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Deli Serdang. Keberhasilan panen padi ini merupakan salah satu faktor penting dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat. Meski saat ini terjadi kelangkaan beras yang mengakibatkan harga jual mengalami kenaikan, namun melalui panen padi ini menunjukkan masih ada harapan untuk kita dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” ujar Bupati.

Yusuf Siregar juga menyadari pentingnya kerjasama dan kolaborasi dalam memajukan pertanian.Baik antara pemerintah dan masyarakat. Maka dari itu, sinergitas dan kolaborasi yang telah terjalin selama ini bisa terus berjalan dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Deli Serdang.

“Mudah-mudahan ini semua akan meningkatkan semangat dan dorongan bagi seluruh pihak untuk berpartisipasi dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Deli Serdang. Kita berharap ke depannya, usaha pertanian yang dilakukan akan semakin sukses dan lebih maju, sehingga bisa lebih meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan seluruh petani di daerah ini,” harap Bupati. (reinaldi/hm17)

Related Articles

Latest Articles