28.5 C
New York
Friday, June 14, 2024

Pj Bupati Deli Serdang Akan Laksanakan 10 Aksi Intervensi Stunting

Deli Serdang, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang,Wiriya Alrahman menegaskan, pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menurunkan angka stunting secara nasional. Salah satu strateginya adalah melalui pelaksanaan sepuluh aksi stunting yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 72 Tahun 2021.

“Kita berkeyakinan bahwa tahun-tahun sebelumnya sepuluh aksi ini telah dilakukan.Mungkin dalam pelaksanaannya, kegiatan yang telah dilakukan harus dievaluasi supaya lebih efisien, efektif dan tepat sasaran,” kata Wiriya Alrahman pada kegiatan 10 Aksi Intervensi Stunting di Aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Drs H Amri Tambunan, Lubuk Pakam, Rabu (22/5/24).

Dikatakan Wiriya, pemerintah selaku tim percepatan penurunan stunting memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinasikan, menyinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergen dan terintegrasi.

Baca juga: Dua Rumah Sewa Hangus Terbakar di Batang Kuis Deli Serdang

“Kita harus menegaskan komitmen ini untuk menanggulangi stunting dengan melaksanakan intervensi secara serentak. Langkah awal ini diharapkan dapat mempercepat upaya kita dalam menurunkan angka prevalensi stunting di Kabupaten Deli Serdang,” tegas Wiriya.

Lebih lanjut dijabarkan Wiriya, poin penting agar aksi intervensi penurunan stunting dapat lebih optimal.

Pertama, meminta agar semua pihak terus melakukan kolaborasi dan sinergi kepada semua pihak untuk penanganan stunting.

Kedua, lakukan peningkatan kapasitas, dengan memberikan penyuluhan dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang.Sanitasi yang baik, dan pola hidup sehat yang harus terus ditingkatkan. Masyarakat harus Diberdayakan agar mereka dapat turut serta dalam upaya pencegahan stunting.

Ketiga, lakukan pemantauan dan evaluasi, dan memastikan bahwa semua intervensi yang dilakukan terpantau dengan baik dan dievaluasi secara berkala.

“Hal ini penting agar kita dapat mengukur keberhasilan program dan bisa melakukan rencana tindak lanjut untuk perbaikan,” paparnya.

Keempat, pemerintah daerah harus terus mendukung penyediaan sumber daya yang memadai Baik dari segi anggaran, tenaga ahli, maupun fasilitas kesehatan yang diperlukan untuk mendukung intervensi ini.

Baca juga: Kisah Haru Pasutri Pemulung Asal Deli Serdang Berangkat Haji Tahun Ini

Wiriya juga berharap, melalui acara ini, seluruh stakeholder dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian bersama akan pentingnya pencegahan stunting.

“Mari kita jadikan 10 aksi stunting sebagai komitmen bersama dalam mewujudkan generasi Deli Serdang yang sehat, cerdas, berprestasi dan berdaya saing,”tandas Pj Bupati

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberian mikronutrien untuk anak penderita stunting, penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati Tentang Unit Organisasi Bersifat Khusus (UOBK) kepada tiga RSUD yaitu RSUD Drs H Amri Tambunan, RSUD Pancur Batu dan RSUD Bangun Purba,serta penyerahan Mobil Puskesmas Keliling (Pusling) kepada lima Puskesmas yang ada di Deli Serdang. (rinaldi/hm22)

Related Articles

Latest Articles