23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pembeli Semangka Meningkat Selama Ramadhan, Sehari Bisa Laku Hampir 200 Buah 

Deli Serdang, MISTAR.ID

Buah merupakan salah satu yang diburu masyarakat saat Ramadhan, tak terkecuali semangka. Salah satu pedagang buah semangka eceran menggunakan mobil pick up di Jalan Ahmad Dahlan Lubuk Pakam, Siahaan mengaku penjualan semangka mengalami peningkatan pada Ramadhan 1445 Hijriah kali ini.

Untuk harga semangka biasa yang bagian dalamnya berwarna merah dihargai Rp6.000/Kg, semangka kuning Rp7.000/Kg dan semangka merah tidak berbiji Rp8.000/Kg, baik eceran maupun grosiran.

“Lumayan laku. Mungkin karena buahnya segar dipakai untuk berbuka dan dapat diolah untuk beberapa olahan menu buka puasa,” ujar Siahaan yang beristrikan perempuan asal Banjarmasin, Kalimantan, Selasa (19/3/24).

Menurut Siahaan, semangka menjadi salah satu primadona di kalangan masyarakat Lubuk Pakam. Banyak masyarakat yang berburu semangka untuk menu berbuka puasa. “Pembeli agak bertambah jumlahnya,” ucapnya.

Baca Juga : Berkah Ramadhan, Petani Semangka di Langkat Raih Untung Lumayan

Diakui Siahaan, selama Ramadhan penjualan semangka miliknya mengalami peningkatan hampir 100 persen. Pada bulan-bulan biasa, ia hanya mampu menjual semangka sekitar 100 biji per hari.

“Tapi kalau bulan puasa hampir mendekati 200 biji per hari,” ungkapnya.

Untuk ukuran semangka yang dijualnya ini bervariasi, mulai dari 2,8 kilogram per biji hingga 8 kilogram per biji. “Saya ada beli dari agen, ada juga yang beli dari petani langsung,” ungkapnya. (sembiring/hm24)

Related Articles

Latest Articles