6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Deli Serdang Miliki Bangunan Learning Center

Medan, MISTAR.ID

Setelah sekitar tiga tahun menjadi binaan Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kini, Kelompok Tani Juli Tani yang berada di Deli Serdang miliki bangunan Learning Center.

Diharapkan setelah memiliki Learning Centre tersebut, Kelompok Tani Juli Tani yang sekarang beranggotakan sekitar 250 orang tak hanya menjadikan bagunan tersebut sebagai tempat untuk peningkatan capacity building, tetapi sudah menjadi sumber ekonomi baru.

“Tidak hanya sebagai peningkatan Capacity Building saja namun sudah bisa menimbulkan penginapan, sudah bisa memunculkan usaha berjualan yang dilakukan masyarakat sekitar lokasi sehingga menjadi sumber ekonomi baru,” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut Wiwiek Sisto Widayat usai meresmikan Learning Center akhir pekan ini.

Lanjut Wiwiek, BI sendiri mengaku puas dengan pencapaian Kelompok Tani Juli Tani dalam menghasilkan produk cabai merah dan juga padi. Sebab biasanya dari satu hektar, produktivitas cabai merah hanya 10 hingga 11 ton. Akan tetapi kelompok tani tersebut mampu menghasilkan 21 ton cabai dari satu hektar.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Warga Medan Cetak Sendiri KTP, KK hingga Akte Kelahiran

“Maka pembangunan Learning Center ini merupakan salah satu upaya BI untuk melakukan pendampingan, mulai dari sisi hulu hingga hilir,” sebutnya.

Sambung Wiwiek, tahun ini menjadi tahun untuk memperbaiki infrastruktur, memperbaiki struktur ekonomi, termasuk memperbaiki produktivitas komoditi.

“Sehingga nantinya di 2021, pada saat tekanan ekonomi naik kembali, dan  tekanan inflasi akan kita alami, maka tidak ada lagi masalah isu ketersediaan pasokan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Wiwiek juga mendorong Kelompok Juli Tani untuk berani mengekspor produk pertanian yang dihasilkan. Apalagi saat ini, Juli Tani juga sudah mengelola peternakan. “Tahap awal kita bisa titipkan kepada yang sudah punya nomor induk kepabeanan,” ucapnya.

Baca juga: Ketua Panwascam Medan Deli Nyaris Dipukul, Tim AMAN: Wajar Akhyar Kesal Ditegur

Ketua Kelompok Tani Juli Tani Yareli, ST mengatakan, Learning Center yang dibangun atas bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) sudah menarik minat petani dari luar Deli Serdang, untuk datang dan belajar. “Jadi manfaat bangunan ini sudah mulai dirasakan petani dari daerah lain,” katanya.

Kelompok Tani Juli Tani yang fokus pada budidaya cabai merah dan padi serta saat ini mengembangkan peternakan kambing sudah menjadi mitra binaan BI Provinsi Sumut sejak tahun 2017 lalu. (Anita/hm07)

Related Articles

Latest Articles