23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Bupati Taput Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Taput, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menerima piagam penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2021 dalam acara peringatan Hari HAM Sedunia ke-74 tahun 2022, Senin (12/12/22) di Golden Ballroom, Hotel Sultan & Residence Jakarta.

Acara dihadiri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, para menteri, gubernur dan wali kota/bupati se-Indonesia, serta pimpinan Kemenkumham RI.

“Tema peringatan Hari HAM di Indonesia yaitu Pemajuan Hak Asasi Manusia Untuk Setiap Orang Menuju Indonesia Maju, dinilai memiliki makna yang mendalam,” kata Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dalam laporannya.

Baca Juga:Bupati Taput Terima Penghargaan dari Bank Indonesia

Tema hari HAM yang dipilih oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun ini merefleksikan hak setiap manusia adalah sama, baik martabat, kebebasan dan keadilan. Hak Asasi Manusia menjadi amanat yang tidak terpisahkan. Membangun kesadaran akan pentingnya penjaminan kehidupan yang manusiawi bagi setiap warga negara adalah dasar utama bagi Aparatur Sipil Negara melaksanakan Penghormatan, Pelindungan, Pemenuhan, Penegakan, dan Pemajuan Hak Asasi Manusia (P5HAM).

“Yaitu kesadaran mendalam bahwa tanpa upaya negara, pemerintah, dan kita semua untuk mewujudkannya, hak asasi manusia hanya akan menjadi goresan hitam di atas kertas putih,” tuturnya.

Sementara itu Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menggarisbawahi segala capaian yang telah diraih dalam pemajuan HAM, tidak membuat puas sampai di titik ini saja. Melainkan menjadi batu loncatan untuk menggapai sasaran yang lebih tinggi lagi dalam rangka pemenuhan HAM bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga:Pada Indonesia Golden Awards 2021, Bupati Taput Kembali Raih Penghargaan The Best Regent

“Pemerintah Indonesia selalu berkomitmen untuk menghormati, melindungi, memenuhi, menegakkan, dan memajukan hak asasi manusia di bumi Indonesia tercinta,” pungkasnya.

Bupati Taput Nikson Nababan didampingi Kabag Hukum Setdakab Welly Simanjuntak menyampaikan terima kasih kepada Kemenkumham yang telah memberikan kepercayaan dan berdasarkan penilaian yang tepat. Sehingga Tapanuli Utara terpilih dari sekian banyaknya kabupaten/kota di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumut. Di mana Taput merupakan salah satu kabupaten kinerja terbaik dan berprestasi dalam peduli hak asasi manusia.

“Ini semua berkat kerja sama semua stakeholder dan masyarakat Tapanuli Utara yang masih menjunjung kearifan lokal dan budaya. Kini Pemkab Taput mendapatkan penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia yang  dirangkaikan dengan Hari HAM sedunia ke-74 di Jakarta dan dihadiri Bapak  Wakil Presiden Ma’ruf Amin,” ujar Nikson.

Baca Juga:Bupati Tapanuli Utara Kembali Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2022

Untuk informasi, penilaian Kota/Kabupaten Peduli HAM dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) yang dikeluarkan oleh Yasonna Hamonangan Laoly bernomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota, Peduli HAM.

“Dari Provinsi Sumatera Utara hanya ada 2 kabupaten yang menerima penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM dan memenuhi indikator penilaian, yaitu Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Karo,” tutup Nikson Nababan. (fernando/hm14)

Related Articles

Latest Articles