18.9 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Bupati Taput Hadiri Peringatan HOD Ke-25 Secara Virtual

Taput, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menghadiri kegiatan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang menggelar peringatan Hari Otonomi Daerah (HOD) ke-25 secara virtual, di Aula Martua Kantor Bupati Taput, Senin (26/4/21).

Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini mengusung tema “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19 untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia Maju”.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi gelaran peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25.

Baca Juga: Bupati Taput Serahkan Bantuan Peduli Guru Madrasah Baznas Sebesar Rp10 Juta

Dalam kesempatan itu, Mendagri Muhammad Tito Karnavian menyampaikan laporan kegiatan sekaligus paparan tentang otonom daerah dan peluncuran aplikasi Sistem Informasi Mutasi Daerah (e-Simudah), e-Perda (Peraturan Daerah) dan e-LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah).

Mendagri Muhammad Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan bahwa, peringatan hari otonomi daerah sebenarnya jatuh pada 25 April, tetapi karena ketepatan pada hari Minggu sesuai Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1996, yang ditandatangani pada 7 Februari, menyebutkan bahwa tanggal 25 April ditetapkan sebagai Hari Otonomi Daerah, sehingga peringatan jatuh pada hari ini, Senin (26/4/21).

Baca Juga: Bupati Taput Nikson Nababan, Tinjau Pembelajaran Tatap Muka di Pagaran

“Hari ini menjadi hari yang sangat penting. Pentingnya otonomi daerah sebagai modal besar untuk Indonesia maju,” ujar Tito mengakhiri laporannya.

Dalam pidato pembukaannya, Wakil Presiden Ma’aruf Amin menyampaikan bahwa tema ini sangat Inspiratif dan kontekstual.

“Saya apresiasi kepada Kemendagri dan para Kepala Daerah karena terselenggaranya Pilkada waktu lalu di  270 daerah, berjalan dengan lancar, aman dan terkendali,” ujar Wapres mengawali sambutannya.

Selanjutnya Wapres menyampaikan, bahwa peran serta masyarakat dalam mengembangkan dan memajukan daerah sangat penting, harus cepat dan tepat dalam  bertindak.

“Penyelenggaraan urusan pemerintahan, khususnya sektor ekonomi pemerintah daerah memegang peranan penting. Mari sukseskan vaksin di seluruh Indonesia,” ujar Wapres mengakhiri. (Fernando/hm13)

Related Articles

Latest Articles