13.3 C
New York
Friday, May 10, 2024

Bupati Samosir Raker dengan Lurah dan Kades, Ini Yang Dibahas

Samosir, MISTAR.ID

Bupati Samosir Vandiko Gultom memimpin rapat kerja (Raker) bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lurah dan kepala desa (Kades) se-kecamatan Pangururan, Senin (29/8/22), di Aula Kantor Bupati Samosir.

Rapat kerja tersebut untuk mensinkronisasikan antara pimpinan OPD dengan lurah dan kepala desa, supaya saling berintegrasi dalam menyelesaikan masalah dalam pembangunan Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir Vandiko Gultom meminta, supaya program-program Pemerintah Kabupaten Samosir benar dilaksanakan di lapangan, dan terkait dengan program sirtunisasi supaya kepala desa mendata sebanyak mungkin terhadap masyarakat yang akan dibuka jalan untuk pertanian.

Baca Juga:Petani Tuntut Bupati Samosir Cabut Surat Penghentian Penyadapan Getah Pinus

“Program sirtunisai ini langsung menyentuh masyarakat dan kami bertekat agar seluruh  jalan di desa terakses terutama sentra-sentra pertanian, serta kepala desa diharapkan mensosialisasikan kepada masyarakat agar jalan dapat dibuka, sirtunisasi menjadi solusi jangka pendek yang langsung dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Untuk mengatasi keterbatasan pupuk, dia menginstruksikan kepada dinas pertanian untuk menggalakkan program pembuatan pupuk organik, dan meminta supaya kepala desa mendukung di daerah masing-masing

Baca Juga:GOR Tipe B Dibangun, Bupati Samosir Minta Pembangunan Sesuai Spesifikasi

“Di beberapa desa telah dilaksanakan dan menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan pupuk kimia, diharapkan setiap desa dapat membuat pupuk organik untuk dibagikan kepada masyarakat  dan didampingi oleh dinas pertanian,” ujarnya.

Lebih lanjut, Vandiko meminta kepada kepala desa agar terhindar dari kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum serta mengharapkan Inspektorat Kabupaten Samosir mendampingi kepala desa dalam penyerapan anggaran desa, supaya  penyerapan anggaran cepat terlaksana untuk kesejahteraan masyarakat.(josner/hm10)

 

Related Articles

Latest Articles