11.5 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Bupati Palas Nonaktif Mangkir dalam Pemeriksaan Kesehatan

Medan, MISTAR.ID

Bupati Padang Lawas (Palas) Ali Sutan Harahap (TSO) mangkir dari pemeriksaan tahap dua di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik. Hal ini dikatakan Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setdaprov Sumut, Zubaidi, Senin (6/6/22).

Zubaidi sangat menyesalkan atas ketidakhadiran TSO sebab pemanggilan pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan kepada TSO atas perintah Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

“Pemeriksaan ini berdasarkan ketentuan yang ada dan telah mempertimbangkan pendapat-pendapat yang berkembang. Tak tahu alasan Pak TSO mengapa tidak hadir. Dari komunikasi kita dengan pihak pengacara beliau, hanya disebutkan beliau (TSO) tidak hadir, tanpa alasan,” bebernya.

Baca juga:Gubernur Sumut Dilaporkan Terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

Untuk itu, pihaknya akan terlebih dahulu melaporkan ketidakhadiran TSO itu kepada gubernur. Kemudian direncanakan pemanggilan kedua dan ketiga.

“Kalau misalnya beliau tidak hadir juga, ya kita tunggu apa arahan Pak Gubernur lah, kalau kami hanya menjalankan perintah sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Zubaidi menjelaskan, urgensi pemeriksaan kesehatan TSO itu untuk memastikan kondisi terkini kesehatan TSO yang selama ini diketahui sakit dan tidak bisa menjalankan tugasnya sebagai bupati.

Dengan begitu, hasil pemeriksaan kesehatan yang langsung di bawah otorisasi IDI itu, nantinya menjadi dasar bagi Gubernur Edy merekomendasikan soal diberhentikan atau tidaknya TSO dari jabatan bupati.

“Tentu nanti prosesnya di DPRD Palas, Pak Gubernur hanya membantu mencarikan solusi, karena harus ada kepastian soal jalannya pemerintahan secara definitif di Palas, jangan sampai kosong,” ungkapnya.

Baca juga:Gubsu Tanggapi Gugatan Bupati Palas, Kalau tidak Memenuhi Tetap harus Diganti

Lebih lanjut, Zubaidi menegaskan, bahwa pemeriksaan kesehatan TSO tersebut, juga bukan mengada-ada. Pemprov Sumut, kata Zubaidi, juga mempertimbangkan pendapat-pendapat para pihak.

“Termasuk dari DPRD Palas yang beberapa bulan lalu datang menemui gubernur mengonsultasikan bagaimana kelanjutan pemerintahan di Palas sehubungan dengan kondisi TSO yang sakit,” pungkasnya. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles