17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Bupati Batu Bara: Akhir 2021 Semua Kecamatan Miliki TK Pembina

Batu Bara, MISTAR.ID

Pendidikan Taman Kanak – Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta sejenisnya adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani.

Pada akhir tahun 2021 seluruh kecamatan di Kabupaten Batu Bara harus sudah memiliki TK Pembina.

Namun dibalik itu, tantangan yang dihadapi para tenaga pendidik dalam era transformasi cukup berat sehingga nilai-nilai agama, akhlak, peradaban dan etika perlu ditanamkan sejak usia dini.

Baca Juga: Orangtua Anak yang Tewas Tersetrum Listrik PLN Menangis Haru Terima Santunan Dari Bupati Batu Bara

Hal itu disampaikan Bupati Batu Bara H. Zahir pada pelantikan  pengurus Kelompok Kerja Bunda Paud Kabupaten Batu Bara periode 2021 – 2023 di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara Komplek Perumahan PT. Inalum Tanjung Gading Sei Suka Senin (19/4/21) petang.

Dalam sambutannya, Bupati berharap Pokja Bunda PAUD ini bisa menjadi katalisator dalam mempercepat terwujudnya pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan holistic intragative.

Bupati juga mengharapkan keberadaan Bunda PAUD Kecamatan, Desa dan Kelurahan untuk memaksimalkan keberadaannya sehingga dapat mendukung program Pokja Bunda PAUD untuk menjadikan potensi TK/PAUD di daerahnya dapat lebih berkualitas.

Baca Juga: Bupati Batu Bara Tinjau Rumah Warga yang Terendam Banjir

Zahir juga berharap, Bunda PAUD dapat sebagai konsultan TK/PAUD di daerahnya. Oleh karenanya keberadaan Bunda Paud di kecamatan, desa dan kelurahan harus dapat berkerjasama dan bisa dirasakan TK/PAUD sejenis.

“Pandemi Covid-19 ini salah satunya memaksa kita untuk mampu sebagai pengguna teknologi informasi. Karena situasi ini mengharuskan kita mengikuti dan menyesuaikan dengan kondisi saat ini.Tidak ada kata terlambat belajar dan belajar”, ajak Zahir.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus menyakini dengan dibentuknya Kelompok Kerja Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (Pokja Bunda Paud) akan mampu meningkatkan kualitas Pendidikan anak usia dini.

Baca Juga: Pemkab Batu Bara Akan Tata Dua Kecamatan

“Kita semua mempunyai tujuan yang sama, yakni meletakkan dasar pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak sejak dini, karena mereka adalah cikal bakal pemimpin bangsa dimasa yang akan datang”,  papar Ilyas.

Ketua Pokja Bunda Paud Batu Bara periode 2021 – 2023 Erlina, mengatakan bahwa suksesnya Bunda Paud Kabupaten Batu Bara sangat tergantung pada program yang dirumuskan bersama melalui pokja.

“Melalui kegiatan ini dibutuhkan dukungan kebersamaan baik dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan maupun Dinas Pemberdayaan Anak dan Keluarga Berencana serta unsur pendukung lainnya”, sebut Erlina. (ebson/ hm13)

 

 

Related Articles

Latest Articles