11.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Bumdes Dos Roha Dan Tahu Kuning Balige Toba Teken Kerjasama

Toba, MISTAR.ID

Dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, pemerintah mulai tingkat pusat hingga daerah melakukan berbagai upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Salah satunya dilakukan Pemerintahan Desa Tambunan Sunge Kecamatan Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, dengan menjalin kerjasama usaha melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dos Roha dengan industri rumah tangga Tahu Kuning Balige (TKB).

Penandatangan nota kesepahaman (MoU) oleh Rina Dewi Sartika selaku Direktur BUMDES Dos Roha, Edward Jonathan Tambunan selaku pemilik Tahu Kuning Balige, disaksikan oleh Kepala Desa Tambunan Sunge Danner Tambunan, Jimmy Batubara selaku Pengawas Bumdes, Demak Sibarani Manager Unit SPP Bumdes Dos Roha, Ratna Siburian selaku Manager Unit Agrobisnis Bumdes Dos Roha serta Mangatur Tambunan selaku Ketua BPD Desa Tambunan Sunge, bertempat di Balai Data Kantor Desa Tambunan Sunge, Rabu (21/7/21).

“Sejak awal kami telah membangun komunikasi dengan manajemen Bumdes untuk bekerjasama dalam pengembangan bisnis usaha tahu kuning dengan tujuan sama, salah satunya memperoleh untung bersama yang dituangkan dalam MoU yang telah diteken hari ini,” ujar Timbul Parlinggoman selaku manajemen pengelola Tahu Kuning Balige.

Baca juga: Penyeberangan Danau Toba Rute Balige-Samosir Aman

Dikatakannya, kerjasama ini akan saling menguntungkan kedua belah pihak, mudah-mudahan hal ini akan berjalan lancar karena menurut mereka Bumdes Dos Roha memiliki koneksi luas yang berpotensi mengembangkan usaha tersebut ke depannya.

Kepala Desa Tambunan Sunge Danner Tambunan, sangat mengapresiasi kerjasama dan diyakininya menjadi salah satu upaya untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi termasuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) desa, yang nantinya akan meningkatkan indeks pembangunan di desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Setelah penandatangan nota kesepahaman ini, kami akan segera melakukan pemasaran tahu kuning balige, yang menjadi salah satu komoditi terbaru milik Bundes dimasa pandemi ini,” ujar Rina Dewi Sartika selaku Direktur BUMDES Dos Roha.

Tahu Kuning Balige, merupakan produk tahu ala Bandung yang berkualitas baik dan murah untuk dikonsumsi sehari-hari, dimana tahu kuning yang berproduksi di Desa Tambunan Sunge Toba sejak tahun 2020 lalu, selain di Toba, pemasarannya sudah merambah sejumlah kabupaten tetangga di antaranya Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Humbang Hasundutan.(james/hm09)

Related Articles

Latest Articles